Oleh: Dra Umi Wasriyati, MM (PKB Wonosari)

Di masa Pandemi Covid-19 ini kita semua seluruh keluarga berkewajiban untuk bisa mencegah adanya virus corona ini dengan berbagai cara. Salah satunya adalah  melalui penerapan 8 fungsi keluarga dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan baik.

Kita tahu bahwa Covid-19 adalah virus corona yang menimbulkan penyakit yang menyerang pernafasan manusia. Penularan Covid-19 melalui tetesan kecil (droplet) dari hidung atau mulut penderita yang menyebar saat batuk atau bersin. Droplet dapat jatuh pada benda sekitar,  tersentuh orang lain dan orang tersebut menyentuh mata, hidung, atau mulutnya.

Tanda dan gejala umumnya, antara lain, gangguan pernafasan akut, seperti demam, batuk dan sesak nafas. Pada kasus berat dapat menimbulkan pneumnia, gagal ginjal dan kematian. Masa inkubasi virus rata-rata 5-6 hari dan terpanjang selama 14 hari.

8 Fungsi Keluarga
Keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang merupakan suatu ikatan yang kuat secara batiniah dan lahiriah, dimana dalam suatu keluarga itu tentu punya suatu ikatan dalam bentuk kebersamaan, keselarasan dan juga mempunyai toleransi antar anggota keluarga dan juga antar keluarga di dalam masyarakat.

Penerapan 8 fungsi keluarga akan bisa memandu keluarga dalam menghadapi Covid-19, menanamkan sikap tenang, logis dan waspada, juga Harapannya bisa mencegah penyebaran virus. Apa saja 8 fungsi keluarga itu? Berikut paparannya:

1. Fungsi Agama
Kita semua dalam keluarga sebagai makhluk yang beriman dalam mengahadapi adanya wabah corona kita harus tenang, meluruskan niat, menyempurnakan ikhtiar,  memperbanyak ibadah dan selalu berdoa berserah diri kepada Tuhan Yang Mahakuasa.

2. Fungsi Sosial Budaya
Kita adalah makhluk sosial dan berbudaya, maka dari itu semua anggota harus selalu membudayakan untuk selalu hidup bersih dan sehat dilingkungan keluarga masing-masing, tentu juga harus mempunyai kepedulian terhadap diri sendiri kepada sesama anggota keluarga.

Penting juga melakukan social distancing yaitu jauhi kerumunan, aktivitas kerja, belajar, ibadah di rumah saja, olahraga di rumah, pastikan ada sirkulasi udara di dalam rumah sehingga terhindar dari ruangan lembab. Yang tak kalah penting, berbagi Informasi yang benar dan informasi yang perlu dan bermanfaat.

3. Fungsi Cinta Kasih
Keluarga mempunyai fungsi yang sangat luhur yaitu fungsi cinta kasih sesama keluarga antara  bapak, ibu, anak, dan saudara yang ada dalam keluarga. Maka sebagai wadah bersemainya kehidupan yang penuh cinta kasih lahir batin, peran keluarga harus saling menjaga diri dari penyebaran virus, saling menguatkan menghadapi musibah, saling mengiangatkan untuk menjaga kebersihan.

Terlebih apabila ada anggota keluarga yang dicurigai atau positif terkena wabah virus corona ini, maka harus dikedepankan sikap empati, memperhatikan, tetap menolong dan ikut tanggung jawab, berusaha tetap tenang, dan jangan lupa menjaga imun tubuh tetap kuat.

4. Fungsi Perlindungan.
Keluarga harus mampu sebagai pelindung. Apabila keluarga bisa sebagai tempat perlindungan yang baik, maka keluarga itu bisa sebagai tempat berlindung yang aman dan nyaman bagi anggotanya. Oleh karena itu dalam rangka untuk mencegah terjadinya penularan virus corona ini, setiap anggota keluarga harus selalu meningkatkan pengetahuan tentang Covid-19.
Menjaga kebersihan rumah dan seisinya, menyediakan makanan yang bergizi dan seimbang.

Semua anggota keluarga harus menghindari aktivitas di luar rumah, menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun di depan rumah, sehingga setelah bepergian sebelum masuk rumah kondisi tangan harus bersih. Dengan demikian setiap anggota keluarga apabila saling mengingatkan satu sama lain dan mentaati aturan dan himbauan dalam rangka  pencegahan Covid-19 ini, maka kemudian anggota keluarga akan merasa aman.


5. Fungsi Reproduksi
Dalam rangka pencegahan Covid-19 marilah kita semua menjaga kesehatan terutama kepada keluarga yang rentan seperti ibu hamil, bayi, balita dan lansia. Ini adalah orang-orang yang sangat penting yang perlu kita lindungi. Untuk itu kita harus meningkatkan daya tahan anggota keluarga kita khususnya yang rentan tadi, dengan memberikan nutrisi yang cukup, gizi yang cukup, makanan yang cukup.

Keluarga juga tetap beraktivitas fisik dan olah raga, tetapi  seperlunya saja. Selain itu, semua keluarga juga melakukan pumping dengan bersih, steril, dan aman.

6. Fungsi Sosialisasi dan Pendidikan
Dalam hal ini, orangtua untuk bisa memberikan pelajaran yang terbaik untuk anggota keluarga dan untuk anak-anaknya. Mereka mutsi mengecek anak kalau batuk cara menutup mulutnya sudah benar atau belum, kemudian kalau perlu memakai masker, cara memakainya sudah baik atau belum, sudah benar atau belum.
Harus diterangkan juga kepada anggota keluarga tentang Covid-19 secara sederhana, utuh, dan menyeluruh.

Keluarga perlu diajarkan cuci tangan yang benar, membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat.

7. Fungsi Ekonomi 
Dalam situasi seperti ini tentu kita harus bisa melakukan hidup hemat, membeli barang/jasa sesuai kebutuhan. Penting juga merintis usaha dari rumah, sebagai wujud kesiapsiagaan menghadapi situasi sulit.

8. Fungsi Lingkungan
Dikala kita ada wabah virus corona ini, tentu kita tidak mudah mengadakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya berkumpul bersama-sama bergotong royong, akan tetapi kita masih bisa melakukan kegiatan-kegiatan membersihkan lingkungan, seperti contohnya membersihkan lingkungan tanpa harus secara gotong royong serentak, tetapi  masing-masing, dengan tetap menjaga jarak satu sama lain, kemudian kita ciptakan lingkungan kita yang bersih.

Menjaga kelestarian lingkungan
Menanam sayur, buah, tanaman obat yang dapat meningkatkan imunitas tubuh di lahan rumah.
Menggunakan air, listrik, kompor, kendaraan, dll. dengan bijak.

PHBS 
Pencegahan penyebaran Covid-19, selain  dengan menerapkan 8 Fungsi Keluarga secara baik, juga melalui PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

PHBS adalah sekumpulan peilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, yang menjadikan seseorang, keluarga, kelompok atau masyarakat mampu menolong dirinya sendiri (mandiri) di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat.

Tujuan PHBS adalah untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia secara keseluruhan.
Terkait dengan Covid-19, implementasi PHBS berada pada tataran bidang pencegahan dan penanggulangan penyakit serta penyehatan lingkungan.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di berbagai tatanan meliputi al:

1. Rumah Tangga
2. Institusi Pendidikan
3. Tempat Kerja
4. Tempat Umum
5. Fasilitas Kesehatan

Dalam PHBS ada 10 indiktor perilaku di masing-masing tatanan.
Kaitannya dengan kesehatan untuk mencegah Corona yaitu dengan perilaku antara lain sbb:

1. Makan makanan bergizi seimbang
2. Minum air putih 8 gelas/hari
3. Rajin olahraga dan istirahat cukup
4. Jaga kebersihan lingkungan
5. Gunakan masker bila batuk atau tutup mulut dengan lengan atau bagian dalam
6. Tidak merokok
7. Makan makanan yang dimasak sempurna dan jangan makan daging dari hewan yang berpotensi menularkan
8. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir
9. Bila demam dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan 
10. Jangan lupa berdoa.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *