Korepsonden: Rudi Purwanto, pramusaji BPKB Girisubo

Girisubo | Senin (06/04), dalam rangka mencegah wabah virus Covid-19 yang saat ini sedang berkembang merajalela di pelbagai pelosok, termasuk DIY, Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) “Setyo Tuhu” berkerjasama dengan Karang Taruna “Manunggal Putra” mengadakan kegiatan sosialisasi dan himbauan kepada warga masyarakat di Padukuan Wuni, Desa Nglindur, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul.

Acara tersebut berlangsung sekitar pukul 15.30 WIB yang dihadiri oleh anggota PIK-R “Setyo Tuhu” beserta  anggota Karang Taruna “Manunggal Putra”. Bentuk daripada kegiatan ini adalah memberikan sosialisasi dan himbuan ke rumah-rumah warga serta menempelkan kertas yang berisikan tentang tutorial pencegahan pandemi Covid-19.

Dalam himbauan tersebut anggota PIK- Remaja “Setyo Tuhu” bersama dengan Karang Taruna “Manunggal Putra” menyampaikan pesan untuk (1) menjaga pola hidup bersih dan sehat [PHBS], (2) menjaga daya tahan tubuh agar tetap baik, (3) hindari berpergian jauh serta berkumpul dengan jumlah orang banyak, (4) menjaga jarak apabila berkomunikasi dengan orang luar,  serta (5) jika merasa tidak enak badan (sakit) mohon untuk segera memeriksakan diri ke rumah sakit atau faskes terdekat.

“Kegiatan ini kami lakukan dalam upaya pencegahan Covid-19 yang saat ini sedang merajalela. Semoga dengan upaya yang kita lakukan ini dapat memberikan motivasi serta informasi kepada warga masyrkat sekitar untuk dapat menjaga keluarganya khususnya diri sendiri dan dapat selalu menerapkan pola hidup sehat,” ungkap Sutris selaku Ketua PIK-Remaja “Setyo Tuhu”.

Alhamdulilah kegiatan ini berjalan dengan lancar, dan semoga pandemi Covid-19 ini akan segera berakhir dan  warga masyarakat dapat beraktivitas seperti biasanya, demikian harapan warga Wuni.

***

Sementara itu, pada Rabu (15/04) bertempat di Balai Desa Tileng Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunungkidul, Pemerintah Desa Tileng berkerjasama dengan Rewalan Covid-19 “Kadhung Trisna” dari Kabupaten Gunungkidul mengadakan musyawarah dan aksi penyemprotan disinfektan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

Acara ini berlangsung pagi hari sekitar pukul 10.00 WIB. Dalam kegiatan ini pihak Pemeritah Desa Tileng mengajak relawan dari Desa Tileng yang terdiri dari Bhabinsa, Bhabinkamtimas, kader kesehatan, karang taruna, karyawan/ti Desa Tileng, dll, untuk ikut berpartisipasi.

Pada acara tersebut, Suwardi, SPd, selaku Kepala Desa Tileng membuka acara sekaligus memberikan sambutannya. Dalam sambutanya Kades Tileng menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Relawan Covid-19 “Kadhung Trisna” dari Kabupaten Gunungkidul yang berkenan berkerjasama dengan Pemerintah Desa Tileng untuk pencegahan Covid-19.

Suwardi sangat mendukung kegitan ini karena kegiatan ini akan sangat bermanfaat dan berdampak positif untuk kesehatan dan keamanan warga masyarakat Desa Tileng.

Dalam acara tersebut hadir juga Prof Dr Sutrisna Wibawa, MPd selaku Ketua Tim Relawan “Kadhung Trisna” dan beliau juga Guru Besar di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Dalam sambutanya beliau menyampaikan terkait kedatangan beliau dalam acara tersebut yang adalah ingin silahturahmi dengan warga masyarakat Desa Tileng sekaligus untuk bergabung bersama-sama warga Tileng memberantas pandemi Covid-19 yang saat ini sedang berkembang pesat.

Acara yang selanjutnya ialah penyemprotan dengan obat yang sudah disiapkan oleh pihak Tim Rewalan “Kadhung Trisna”. Yang pertama ditujukan di area Kantor Pemerintah Desa Tileng, dan selanjutnya Tim Rewalan akan dibagi di beberapa titik antaranya di masjid, balai dusun, tempat- tempat berkumpul, dan rumah warga untuk melakukan penyemprotan tersebut.

“Kami atas nama Pemerintah Desa Tileng mengucapkan terimakasih kepada pihak Tim Relawan Kadhung Trisna dan Tim Relawan Desa Tileng yang sudah berkerjasama dalam rangka memberantas penyebaran Virus COVID-19. Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk warga masyarakat di Desa Tileng,” pungkas Suwardi, Kades Tileng pada sambutan pelepasan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *