Kegiatan mekop (mekanisme operasional) di lapangan telah terbukti sukseskan pelaksanaan program KB selama beberapa dekade. Oleh karenanya, Penyuluh KB dan Kader IMP Paliyan siap untuk terus nguri-uri mekop program KB, dari mulai rakoorcam, rakordes, dan trikomponen.

Salah satu kegiatan mekop yang terus dilestarikan, walaupun tidak ada dukungan dana, adalah Rakorcam atau Rapat Koordinasi Tingkat Kecamatan.

Rakor program Banggakencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana) Kecamatan Paliyan, yang dilaksanakan hari Jumat (13/03) dihadiri oleh seluruh kader PPKB se-Kecamatan Paliyan, dan 3 orang perwakilan desa kader Sub PPKBD.  Bertempat di gedung Balai Penyuluhan KB Kecamatan Paliyan, pertemuan membahas tentang upaya peningkatan capaian KB baru, persiapan pengiriman delegasi lomba kader IMP dan KB lestari 20 tahun, serta distribusi media KIE Banggakencana dan pencegahan stunting.

Dipandu oleh Koordinator Penyuluh KB Kecamatan Paliyan, Tri Nurhidayati, SSos, diskusi dan sharing berjalan dengan lancar dan hangat. Segala kesepakatan dan keputusan berkaitan dengan program Banggakencana akan yang akan segera ditindak lanjuti, khususnya yang berkaitan dengan akselerasi capaian KB baru.

Tri Nur menyampaikan dalam arahan kepada kader IMP hari itu. “Target peserta KB baru kita, Kecamatan Paliyan, adalah 1.017. Oleh karenanya harus ada koordinasi dan strategi yang tepat untuk untuk merealisasikannya,” tegasnya.

Pertemuan Rakorcam untuk periode bulan Maret 2020 di akhiri dengan sesi tanya jawab dengan kader, seputar persoalan program pembangunan keluarga, kependudulan dan keluarga berencana.(*)
[Tri Nurhidayati & Purwadi, Penyuluh KB Kecamatan Paliyan]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *