Momentum pergantian tahun merupakan saat yang tepat untuk merefleksi terhadap program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Evaluasi capaian program dan rencana ke depan hal perlu dilakukan guna peningkatan kinerja.

Pada awal bulan Januari 2020, persisnya Selasa (7/01),Ajang Silaturahmi Kader Kecamatan Nglipar, dengan tema, “Peningkatan kualitas Kader IMP dalam program KKBPK”.

Penyuluh KB bersama-sama dengan kader Institusi Masyarakat Pedesaan se-Kecamatan Nglipar mengadakan acara,

Kegiatan ini di prakarsai dan dirancang PKB dan IMP Kecamatan Nglipar agar mampu meningkatkan kualitas kader IMP dan jalinan komunikasi  yang baik antar lintas sektor.

Acara sengaja dibuat lebih rileks agar semua yang hadir dapat menikmati suasana keakraban, kebersamaan sehingga terjalin persaudaraan dan empati satu sama lain guna mendukung keberhasilan program KKBPK.

Hadir dalam kesempatan tersebut Camat Nglipar beserta Forkompica Kecamatan Nglipar, kepala desa se-Kecamatan Nglipar, Kader IMP dan PKB Kecamatan Nglipar. Dalam sambutannya, Camat Nglipar, Sukamto, SIP mengapresiasi kegiatan yang terselenggara dengan harapan mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan pengetahuan dan kerjasama lintas sektor. Potensi sumberdaya manusia dan alam di Kecamatan Nglipar diharapkan mampu dikelola dengan baik agar terwujud kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, demikian ditekankan Camat.

“Kader sebagai ujung tombak pelaksanaan program KKBPK diharapkan menjadi motivator dan dinamisator di wilayah masing-masing, sehingga peran serta masyarakat semakin baik. Sebagai motivator kader mampu mendorong dan mengajak kepada masyarakat untuk melaksanakan program KKBPK dengan penuh kesadaran. Sebagai dinamisator, diharapkan kader mampu menggerakkan komponen yang ada, sehingga partisipasi masyarakat dalam program KKBPK meningkat. Di samping itu juga, saya mengharapkan pemerintah desa memperhatikan terhadap kinerja kesejahteraan kader di desa masing-masing,” ujar Sukamto.

Pada kesempatan itu pula, Koordinator PKB Kecamatan Nglipar Purwanti Widiastuti, SE, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan melaksanakan program KKBPK dengan baik. Harapan ke depan dukungan lintas sektor akan semakin baik dan memberikan dampak yang nyata terhadap kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Nglipar. Purwanti juga menyampaikan permohonan maaf apabila dalam memfasilitasi kegiatan terdapat kekurangan dan kesalahan.

Ajang silaturahmi kader diisi dengan penyampaian materi tentang program KKBPK, capaian program tahun yang lalu, serta rencana tindak lanjut program KKBPK oleh PKB Kecamatan Nglipar. Di samping itu juga diadakan pembagian doorprize dan kuis KB, Yel-yel dari kader masing-masing desa, serta hiburan musik campursari.

Guna mendorong peningkatan kualitas kader, pada kesempatan tersebut juga disampaikan tentang enam peran bakti IMP, di antaranya pengorganisasian, pertemuan rutin, pencatatan dan pelaporan, pendataan dan pemetaan, KIE dan konseling, pelayanan dan kegiatan. Dengan melaksanakan  enam peran bakti tersebut kualitas kader dalam mendukung program KKBPK akan semakin baik.

Acara ditutup dengan doa oleh pembawa acara.(*)[Ir Sulistyana, PKB Nglipar] 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *