Rabu (19/02), tepatnya sekitar siang hari pukul 13.00 WIB bertempat di Padukuhan Tileng, Desa Tileng, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, PKB Girisubo melakukan kegiatan fasilitasi pembinaan terhadap kelompok kegiatan (poktan) yang ada di wilayah Padukuhan Tileng, khususnya poktan Tribina BKB, BKR, dab BKL. Semua kader poktan Tribina Dusun Tileng hadir di acara pembinaan tersebut.

Sebelum acara pembinaan dimulai, terlebih dulu ada sambutan dari PKB. Dalam sambutannya, PKB Sabrur Rohim, SAg, MSI, pembina wilayah Desa Tileng. Dalam sambutanya, Sabrur menyampaikan maksud dan tujuan dari kedatangan PKB Girisubo ke Padukuhan Tileng, yakni untuk melakukan pembinaan langsung kepada poktan Tribina yang ada di Tileng.

Selain Sabrur Rohim, PKB yang hadir di acara tersebut yakni Prasetyohadi, SPd, yang juga ikut melakukan pembinaan dalam hal pembuatan peta keluarga. Pembinaan PKB ini juga didampingi oleh pramusaji BPKB Girisubo, Rudi Purwanto, serta penyuluh Dinas Sosial, Surami, yang ikut serta membantu kegiatan tersebut khususnya dalam hal penyusunan buku-buku laporan administrasi.

Secara umum, pembinaan yang dilakukan di Padukuhan Tileng antara lain meliputi pembinaan pengisian data, baik data peta keluarga, kesertaan KB, pengisian data KKA, dan pengisian data adminitrasi poktan Tribina.

Sebelum melakukan praktik pengisian data, terlebih dulu PKB menjelaskan tentang tata cara pengisian data yang benar secara rinci satu per satu dan kader memperhatikan penjelasan dengan cermat.

Setelah disampaikan tentang tata caranya, kemudian kader didampingi oleh PKB, pramusaji, dan penyuluh Dinsos melakukan praktik langsung dengan mengisikan data secara teliti. Para ibu kader Tribina di Padukuhan Tileng sangat luar biasa, karena mereka sangat antusias dalam praktik pengisian data. Kegiatan tersebut berjalan dengan baik sampai selesai sekitar jam 15.00 WIB. PKB berharap kiranya kegiatan tersebut bermanfaat untuk perbaikan data program KKBPK, khususnya Tribina, di Dusun Tileng, tidak hanya saat menjelang ajang evaluasi perkembangan desa, tetapi juga di waktu-waktu yang akan datang.(*)

[Sabrur Rohim & Rudi Purwanto, PKB dan pramusaji BPKB Girisubo]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *