Pada Rabu (12/02) dilaksanakan Rapat Koordinasi Tim Penilai Lomba Desa Kecamatan Tepus di aula Kecamatan Tepus. Rapat dibuka dengan berdoa bersama-sama yang dipimpin oleh Wagino, SE Kasi PMD Kecamatan Tepus.

Acara kemudian dilanjutkan pengarahan oleh Alsito, SSos, Camat Tepus.
Kata Alsito, bahwa dalam perlombaan desa yang sudah dibentuk tim agar melaksanakan tugasnya  yang mulia ini dengan penuh tanggung jawab.

Adapun juara Lomba Desa di tingkat Kecamatan Tepus adalah Juara I: Desa Giripanggung, Juara II: Desa Sidoharjo, dan Juara III: Desa Purwodadi.
Lanjut Alsito, maka dari itu, untuk Desa Giripanggung mewakili Kecamatan Tepus maju ke lomba tingkat Kabupaten Gunungkidul.

Camat Tepus mengajak kepada semua anggota Tim agar mengadakan pembinaan ke Desa Giripanggung. “Besar harapan kita, dalam penilaian yang akan dilaksanakan oleh Tim Kabupaten Gunungkidul besok pada tanggal 18 Maret 2020 kita bisa mendapat urutan nomor kecil atau 3 besar,”

demikian Alsito mengakhiri sambutannya.

Acara kemudian dilanjutkan pengarahan oleh Ketua Tim Evaluasi Perlombaan Desa Kecamatan Tepus Tahun 2020, M Agus Subariyanto, SIP, MA. Kata Agus, bahwa penilaian lomba desa yang pertama akan dinilai profil desa dan akan menilai langsung administrasi bidang pemerintahan, bidang kewilayahan, dan bidang kemasyarakatan.

“Dan Tim Penilai Kabupaten Gunungkidul juga akan menilai langsung kegiatan fisik dan kegiatan yang langsung dilakukan oleh masyarakat,” kata Agus. “Untuk pemaparan Kepala Desa dalam melaporkan semua potensi yang ada di desa mendapatkan nilai 40%.”

Kemudian dilanjutkan tanggapan oleh Pardiyana, SE Kasi Trantib Kecamatan Tepus. Menurutnya, bahwa dalam pembinaan lomba desa tim agar kompak dalam pembinaan dan  menyampaikan materi  sesuai acuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

Kemudian tanggapan dilanjutkan oleh  Edy Subambang, SSos, Koordinator PKB Kecamatan Tepus, yang menyatakan bahwa dalam mendukung Perlombaan Desa untuk Program KKBPK akan menampilkan kegiatan kelompok BKB dengan simulasi kelompok BKL dan BKR dengan menampilkan simulasi pembinaan kepada ibu sasaran, PIK-Remaja SMP Negeri 2 Tepus menampilkan Peer Conselor  serta  kegiatan simulasi Pola Asuh Anak oleh Kader BKB HI dan pendidikan PAUD.

Lanjut Edy, bahwa untuk kegiatan yang mendukung pemberdayaan ekonomi keluarga akan menampilkan produk kelompok UPPKS dan pembuatan banner yang berisi slogan ataupun KIE kreatif dan edukatif tentang program KKBPK.(*)[Edy Subambang, SSos, PKB Kecamatan Tepus]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *