Sabtu (08/02) bertempat di Kampung KB Nanas yang terletak di Padukuhan Nanas Desa Tileng Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunungkidul diadakan kegiatan rutin penimbangan balita.

Penimbangan balita ini dilaksanakan pada pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB. Acara dimulai dengan sambutan oleh  Ngatikem selaku Ibu Dukuh Nanas dengan menyampaikan apresiasinya kepada warga Padukuhan Nanas yang dengan antusiasnya mengikuti kegiatan penimbangan balita di Kampung KB Nanas.

Setelah acara sambutan selesai dilanjutkan dengan pengadminitrasian oleh pengurus kelompok kegiatan (Poktan) Bina Keluarga Balita (BKB) dengan mengisi buku daftar hadir, buku notulen kegiatan, buku data perkembangan balita (KKA), dll.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penimbangan balita oleh pengurus Bina Keluarga Balita (BKB) Teratai dengan menimbang balita sesuai dengan data urutannya masing-masing.

Selain dilakukan penimbangan oleh pengurus BKB Tertai, pada acara tersebut juga dilaksanakan pengukuran tinggi badan, lingkar kepala, dll untuk mengetahui terkait pertumbuhan balita pada umumnya.

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh kelompok BKB Teratai di Kampung KB Nanas. Harapan kedepanya semoga dengan kegiatan ini dapat mengetahui tentang tumbuh kembang balita sehingga balita dapat bertumbuh kembang dengan baik dan sehat. Selain itu, dalam acara rutin ini juga disampaikan materi pengasuhan balita kepada ibu-ibu anggota BKB, sebagai bekal pengasuhan di rumah,” ungkap Ngatikem.

Alhamdulilah acara berjalan dengan baik dan lancar. Acara ditutup dengan berdoa bersama. (*) [Rudi Purwanto, Pramusaji BPKB Girisubo]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *