Bertempat di Balai Desa Semugih pada hari Selasa (21/1) diadakan pembinaan dalam rangka persiapan lomba desa tahun 2020. Acara dipimpin oleh Kepala Desa Semugih, Sugiyarto, SPd dan dihadiri oleh Camat beserta Tim Lomba Desa tingkat Kecamatan Rongkop.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Desa mengajak seluruh masyarakat untuk mempersiapkan diri dalam menyambut kegiatan lomba desa tahun ini. Kades juga menghimbau peran serta semua perangkat desa, lembaga desa, tokoh masyarakat dan panitia serta seluruh warga masyarakat Desa Semugih untuk segera mempersiapkan semua administrasi yang akan dinilai/dievaluasi oleh tim perlombaan desa tingkat Kabupaten Gunungkidul.

Menurut hasil undian, Kecamatan Rongkop mendapat giliran pertama dalam perlombaan desa, yaitu besok tanggal 24 Februari 2020. Dari desa sudah menunjuk lokasi yang akan menjadi sampel kegiatan, yaitu di Dusun Karangwetan desa Semugih dan sebagai pendukungnya adalah Dusun Gandu, Dusun Purworejo, dan Dusun Semugih.

Rencananya, rute yang akan dilalui oleh tim tingkat kabupaten yaitu pertama kali tim akan di sambut kedatangannya di Dusun Gandu. Di sana tim akan melihat berbagai macam kegiatan yang disuguhkan oleh Pemerintah Desa Semugih di antaranya deklarasi STBM, kegiatan kelompok hadroh ibu-ibu PKK dusun Gandu, dan berbagai kegiatan yang lainnya.

Kemudian, tim akan melanjutkan perjalanan ke Dusun Purworejo dan Semugih untuk melihat berbagai kegiatan di dusun tersebut. Selanjutnya tim akan melanjtkan perjalanan ke dusun sampel yaitu di Dusun Karangwetan di mana tim akan melihat rumah sehat dari keluarga pra sejahtera sampai keluarga sejahtera III.

Kemudian tim akan melihat kegiatan posyandu dan berbagai suguhan pameran hasil produksi Dusun Karangwetan. Kemudian tim akan melanjutkan kegiatan ke Balai Desa Semugih untuk mengikuti upacara seremonial evaluasi perlombaan desa.

Itulah sekilas rencana yang telah dibuat dan dipersiapkan oleh tim tingkat kecamatan dan desa dalam menanggapi tim perlombaan desa tingkat Kabupaten Gunungkidul tahun 2020.

Acara dilanjutkan sambutan oleh Camat Rongkop Agung Danarta, SSos, MSE. Dalam sambutanya Camat mengharapkan kerjasama dan kekompakan semua tim dan lembaga desa serta seluruh masyarakat  dalam mempersiapkan semua administrasi termasuk profil desanya. Camat secara maraton akan terus mantau perkembangan kesiapan dari desa, setiap saat akan langsung terjun ke lokasi sampel bersama dengan tim tingkat kecamatan yang lainnya.

Di tempat terpisah Agus Sutoko, SSos selaku Koordinator PKB Kecamatan Rongkop juga mengharapkan dari para kader KB untuk ikut mempersiapkan buku-buku administrasinya. Mereka bersama PKB Desa Semugih, Kukuh Budi Prasetyo, SPsi dan PPKBD Desa Semugih Suwarni SPd memberikan semangat dan motivasi kepada kader KB untuk ikut tampil mengikuti perlombaan desa walaupun dari bidang KB hanya sedikit sekali kriteria yang dievaluasi. Mulai saat ini sampai memjelang pelaksanaan evaluasi dari tim tingkat kecamatan akan terus memantau persiapannya hingga sampai saat kegiatan penilaian. Intinya semua kader KB agar ikut mendukung suksesnya  kegiatan perlombaan desa sampai selesai.(*) [Agus Sutoko, SSos, Koordinator PKB Rongkop]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *