Kamis (12/11) Kampung KB Wareng, Kepek, Saptosari melakukan kaji banding ke Kampung KB Sehat Jiwa Bareng, Tanjungsari. Acara tersebut terselenggara dengan diikuti oleh anggota pokja kampung KB Wareng, Ketua RT, Ketua RW, Kepala Dukuh Padukuhan Wareng, Kasi Pelayanan Desa Kepek, PKB Kecamatan Saptosari dan Puskesmas Saptosari. 

Sambutan yang dilakukan oleh Kampung KB Bareng sangat ramah, disambut oleh anggota pokja Kampung kB Bareng, Kepala Dukuh Padukuhan Bareng, PKB Kecamatan Tanjungsari, dan DP3AKB PM dan D yang diwakili oleh Moh Amirudin, SSos. Acara diawali dengan pembukaan, kemudian sambutan yang pertama dari Sunardi yang merupakan ketua Kampung kB Sehat Jiwa Bareng, Tanjungsari. Beliau mengucapkan selamat datang peserta kaji banding dari Kampung KB Wareng. 

Kemudian beliau memberikan gambaran umum mengenai Kampung KB Bareng yang sudah berjalan selama 2 tahun dan Kampung KB Bareng masih terus belajar untuk dapat menciptakan Kampung KB yang bahagia sejahtera. Kemudian acara dilajutkan dengan sambutan Moh Amirudin S.Sos selaku Kasi Bidang Dalduk dan KB DP3AKBPM&D Kabupaten Gunungkidul. Beliau menjelaskan mengenai Kampung KB bahwasanya masyarakat di Gunungkidul ingin merasakan perubahan yang lebih maju dari adanaya program Kampung KB ini. 

“Gabungan seluruh program sebenarnya ada di Kampung KB dari mulai program UPPKS, untuk memajukan kesejahteraan masyarakat Kampung KB, kegiatan yandu balita untuk mengetahui kesehatan balita, BKB untuk pembinaan keluarga yang memiliki balita, Yandu lansia untuk mengetahui keadaan kesehatan lansia, BKL untuk pembinaan keluarga yang memiliki lansia, BKR untuk pembinaan keluarga yang memiliki remaja, PIK-R untuk pertemuan remaja lebih kepada diskusi masalah gender, kesehatan reptoduksi dan masih banyak lagi kegiatan yang dapat dilakukan di Kampung KB. Maka kita dituntut untuk memaksimalkan Kampung KB dengan memanfaatkan  potensi-potensi yang ada disekitar, dengan menerapkan 4S; mulai dari Saya, mulai dari Sekarang, mulailah Sebisa mungkin walau kecil, lakukan Setahap demi setahap,” kata Amir.

Kemudian acara dilajutkan paparan oleh Madyantara selaku PKB Kecamatan Tanjungsari, di mana beliau mengemukakan gambaran umum mengenai Kampung KB Bareng yang memiliki kelompok UPPKS yang sudah mengikuti pelatihan. Kelompok UPPKS di Kampung KB Bareng sudah membuat aneka jajanan snack yang bisa dijual di toko oleh-oleh kemudian uang yang dihasilkan dapat menambah penghasilan keluarga di Kampung KB khususnya. Rencana kedepan akan menanam

bibit cabai yang benihnya sudah di dapat dari BPP/Dinas Pertanian tetapi masih menunggu musim penghujan.


Acara yang selanjutnya yaitu pemaparan mengenai Rumah Data Kampung KB Bareng yang dipaparkan oleh Winarsih selaku kepala dukuh Padukuhan Bareng, Tanjungsari. Disampaikan bahwasanya Rumah Data yang dikelola oleh Kampung KB Bareng sudah mencakup data keluarga, data potensi desa, data sektoral, data aktivitas Kampung KB, data administrasi kependudukan, namn belum diupdate secara berkala karena belum memiliki PC atau komputer yang bisa secara berkala mengupdate data. “Rumah Data di Kampung KB Sehat Jiwa, Bareng, Tanjungsari berada di Balai Padukuhan Bareng, dikarenakan jika menggunakan rumah warga akan tidak leluasa dalam beraktivitas satu sama lain,” katanya.

Kemudian, kata Winarsih, data dinding di Kampung KB Bareng juga sudah lengkap tertempel di dinding Sekretariat Rumah Data.

Acara ditutup dengan diskusi bersama.(*) [Ahmad Harwanto, PKB Tanjungsari]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *