Peran dari Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dalam menyukseskan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di daerah (tingakt desa) sangatlah signifikan. Seperti yang disampaikan oleh Kasi Pengendalian Penduduk, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPM dan D), Muh Amirudin, SSos di sela Kegaiatan Outbond Kader Insitusi Masyarakat Pedesaan (IMP) Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD), Sub PPKBD, Kecamatan Paliyan tahun 2019, Rabu (04/12) di Pantai Sundak Kecamatan Tepus.


“Kegiatan Outbond KKBPK ini dilaksanakan disamping untuk memberikan apresiasi kepada kader PPKBD dan Sub PPKBD (IMP) atas kerjasamanya selama ini, juga bertujuan untuk menggalang komitmen dan  menjalin komunikasi dan silahturahmi kepada semua kader IMP se- Kecamatan Paliyan,”ujar Tri Nurhidayati, SSos, selaku Koordinator Penyuluh KB Kecamatan Paliyan.


“Tujuan lain dari kegiatan outbond KKBPK ini, adalah untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan wawasan serta semangat para kader tentang program kependudukan KB dan pembangunan Keluarga,” imbuhnya.

Ibu Yayuk Yulihardi, selaku Ketua TP PKK sekaligus Ibu Camat Paliyan yang mendampingi kegiatan out bond kader IMP sampai selesai, menyampaikan; “kegiatan ini menjadikan semangat dan motivasi para kader untuk mensukseskan program KB di Kecamatan Paliyan yang semakin tahun semakin meningkat”.

Dalam kesempatan itu pula, Bu Yayuk (demikian biasa dipanggil, red.) juga mengucapkan terimakasih kepada semua kader atas kerja keras dan pengabdiannya dalam pelaksanaaan program KB di Kecamatan Paliyan, sehingga program berjalan dengan baik. “Terimakasih banyak saya ucapkan kepada semua kader, pertahankan dan tingkatkan lagi prestasi ,serta kerja keras dan semangat yang tinggi ini, insya Allah saya akan berusaha agar insentif dan biaya operasional kader akan ditingkatkan ditahun kedepannya,” pungkasnya.


Adapun kegiatan Out Bond KKBPK ini diikuti sebanyak 65 orang kader IMP, yang terdiri dari kader PPKBD sebanyak 7 orang, dan selebihnya Kader Sub PPKBD se- Kecamatan Paliyan. (*) [Purwadi SHI, Penyuluh KB Kecamatan Paliyan]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *