Balai Penyuluh KB Kecamatan Wonosari beberapa waktu yang lalu tepatnya Selasa, 26 November 2019, mengadakan kegiatan akbar yaitu Temu Kader KB/IMP se-

Kecamatan Wonosari. Acara temu kader ini dilaksanakan di pendopo kecamatan lama (eks kantor Kecamatan Wonosari). Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Kepala DP3AKBPM dan D beserta jajarannya, Camat Wonosari, Forkompinca, kepala desa se-Kecamatan Wonosari serta Kader KB/IMP perwakilan se Kecamatan Wonosari.
Temu Kader ini melibatkan kader KB dari 14 Desa yaitu Desa Wonosari, Baleharjo, Piyaman, Karangtengah, Gari, Karangrejek, Wareng, Siraman, Wunung, Pulutan, Kepek, Duwet, Selang dan Mulo. Tiap desa mewakilkan 10 Kader untuk mengikuti lomba yel-yel KB. Dalam kegiatan ini PPKBD bertugas sebagai panitia membantu penyuluh KB sebagai Penyelenggara kegiatan.
Temu kader ini mengambil tema yang sederhana tapi sangat mendalam yaitu “Bersama IMP Membangun Komitmen Mensukseskan Program KKBPK”, dan alhamdulillah berjalan dengan lancar dan sangat meriah.
       Acara   ini lain dari pada yang lain. Di samping mengadakan lomba yel-yel, BPKB juga mengundang motivator handal dari Yogyakarta yaitu Adhik Iwan Sulistiyanto, SH, MM. Selain itu juga ada pembagian doorprize yang sangat banyak sehingga dapat meningkatkan antusiasme kader dalam mengikuti kegiatan ini.
Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas IMP, menggalang komitmen mensukseskan program KKBPK, sarana refreshing bagi kader/IMP serta sebagai ajang untuk menunjukkan potensi dan kreativitas bagi kader.
Sebelum acara seremonial kegiatan Temu Kader IMP dilaksanakan, kegiatan pra acara adalah lomba yel-yel KB antar kader se-Kecamatan Wonosari. Lomba ini terdiri dari 10 kader per-desa. Selaku dewan juri adalah Drs Totok Hendrastara, Dra Lilih Eryani serta Drs Anggoro Tri Atmojo. Acara cukup meriah dengan setiap kelompok mempersembahkan penampilan yang terbaik. Tak lupa yel-yel yang ditampilkan juga menyisipkan isi pesan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Dra Umi Wasriyati, MM selaku koordinator Penyuluh KB Kecamatan Wonosari sekaligus ketua penyelenggara kegiatan Temu Kader ini menyampaikan bahwa untuk capaian program di KecamatanWonosari yaitu pencapaian KB aktif (PA) adalah sebesar 74,1 % sedangkan pencapaian KB baru sampai dengan saat ini adalah sebesar 86,1 %.
      Melihat dari hasil capaian saat ini maka diucapkan terimakasih atas peran kader/IMP Kecamatan Wonosari dalam turut serta mensukseskan program KKBPK. Selain itu diucapkan terimakasih juga kepada mitra kerja atas dukungan terhadap Program KKBPK ini.
Dilanjutkan sambutan dari Camat Wonosari, Drs Siswanto yang mengapresiasi kegiatan yang sangat bermanfaat ini serta menanggapi terkait capaian program yang belum bisa memenuhi target maka dalam sisa waktu sampai dengan bulan Desember ini diharapkan PKB beserta IMP dan mitra kerja dapat mengejar capaian PB agar dapat terpenuhi sesuai PPM.
Setelah sambutan dari Camat Wonosari dilanjutkan sambutan dari Kepala DP3AKBPM dan D, yaitu Sujoko, SSos, MSi yang dari awal lomba yel-yel sudah menunggu dan menyaksikan, merasa sangat bangga dengan kader KB/IMP Kecamatan Wonosari karena sangat kreatif dan antusias serta kompak dalam mengikuti acara ini. Selain itu juga Sujoko mengucapkan terima kasih kepada kader yang sampai dengan saat ini masih berkomitmen dengan program KKBPK sehingga dapat turut mensukseskan program pemerintah ini.
       Dalam sambutannya kepala DP3AKBPM dan D ini juga menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh jajaran PKB Kecamatan Wonosari yang telah dapat melaksanakan kegiatan Temu Kader ini dengan sangat meriah.
Setelah acara-acara sambutan kemudian dilanjutkan dengan sesi motivasi yang disampaikan oleh Adhik Iwan Sulistiyono, SH, MM yaitu seorang motivator dari Yogyakarta yang telah berpengalaman.
Dalam isi motivasinya, Adhik menyampaikan tentang 7 tanda sikap baik  (bermotivasi) yaitu percaya pada diri sendiri, kemauan untuk melihat yang terbaik di dalam diri sendiri dan orang lain (positif thinking), kemampuan untuk melihat kesempatan, fokus pada target, mengembangkan visi dan misi, gigih dalam mencapai asa serta bertanggung jawab atas hidup kita kepada Tuhan. Disampaikan oleh Adhik juga bahwa kader harus Semangat, harus selalu berusaha mengembangkan diri dan harus bisa menjadi motivator bagi sesama sehingga dapat menjalankan perannya dengan optimal. Adhik juga memberikan gerakan dan lagu-lagu dalam motivasinya untuk lebih dapat menyemarakkan suasana.

Sebelum acara berakhir, tibalah acara yang ditunggu-tunggu yaitu pengumuman pemenang lomba yel-yel. Juri yang terdiri dari 3 orang tersebut melalui diskusi dan rekap nilai memutuskan bahwa untuk pemenang ada juara 1 sampai dengan harapan 3 sehingga ada 6 kelompok pemenang. Drs Totok Hendrastara mengumumkan hasil juara yaitu:
Juara 1 : Desa Gari
Juara 2 : Desa Karangtengah
Juara 3 : Desa Wareng
Juara Harapan 1 : Desa Baleharjo
Juara Harapan 2 : Desa Karangrejek
Juara Harapan 3 : Desa Kepek
        Setelah pengumuman pemenang dilanjutkan penyerahan hadiah kemudian acara ditutup dengan menyanyikan lagu Kemesraan secara bersama-sama.(*) [Dwi Arti Novitasari, SH, PKB Wonosari]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *