Pada tanggal 1 Nopember 2019 bertepatan hari Jumat kliwon, Pemerintah Desa Karangwuni Kecamatan Rongkop bersama  pengurus RT/RW, lembaga dusun dan  tokoh masyarakat serta ibu-ibu kader KB Dusun Ngejring berkumpul di balai dusun Ngejring untuk  mengadakan pertemuan warga.

Dalam pertemuan tersebut dibahas dan disepakati untuk mengubah wajah dusun agar lebih baik dari dusun yang lain yang ada di desa Karangwuni, sehingga muncul keinginan dari masyarakat untuk membentuk Kampung KB. Dusun Ngejring terletak di pintu masuk desa Karangwuni sekaligus pintu masuk Kecamatan Rongkop yang berbatasan dengan Desa Bedoyo, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul. Masyarakat Dusun Ngejring sebagian besar merupakan petani dan buruh pabrik yang tergolong  dusun/desa miskin.

Pertemuan kali ini dipimpin langsung oleh Kepala Dusun Ngejring, Wasito, dan dihadiri oleh Kepala Desa, Kasi Pelayanan Desa, dan PKB Kecamatan Rongkop. Dalam kesempatan tersebut Wasito ingin sekali mengajak masyarakat untuk membentuk Kampung KB. Bermodal niat yang didukung oleh semua warga masyarakat, maka dibentuklah Kampung KB tersebut.  Selanjutnya acara dimanfaatkan oleh Kasi Pelayanan Desa Karangwuni, Indra Dwi Rustanto, yang memaparkan bahwa pembentukan Kampung KB ini didukung dengan dana desa tahun 2019 dengan besar anggaran yang diberikan sebanyak Rp. 9.657.400,00.

Anggaran tersebut, menurut Indra, tidak diterimakan semuanya tapi masih dipotong untuk pajak dan PPh. Anggaran itu dipergunakan untuk biaya rapat-rapat, pembinaan dan pembuatan tugu kampung KB, dan bila dirasa masih kurang maka masyarakat diharapkan untuk swadaya. Pada acara tersebut  juga ada sambutan dari Kepala Desa Karangwuni Suparta, SPd. Dalam sambutannya,  Kepala Desa Suparta mengajak seluruh warga  masyarakat Dusun Ngejring Desa Karangwuni untuk saling bergotong-royong dan swadaya dalam membangun dusunnya. “Sebab tanpa gotong royong dan swadaya maka kemungkinan besar maksud tersebut tidak bisa tercapai, untuk itu mohon kesadaran dari semua warga masyarakat untuk mendukung program yang sangat bagus ini. Saya tegaskan juga di sini, bahwa untuk program ke depan desa siap membantu dan mengusulkan anggaran lewat Musrenbang demi kemajuan Kampung KB. Dari desa juga segera akan menindaklanjuti program ini dengan membuatkan Surat Keputusan atau SK dari desa termasuk SK pembentukan Tribina dan kelompok kegiatan (Poktan) yang lainnya. Pada prinsipnya dari desa mendukung sepenuhnya kegiatan ini agar bisa berjalan dengan baik dan berguna buat masyarakat Dusun Ngejring khususnya dan Desa Karangwuni pada umumnya,” tegas Suparta.

Di penghujung acara diberikan arahan dan petunjuk pembuatan Kampung KB beserta kepengurusannya oleh PKB Rongkop, Agus Sutomo SSos dan Kukuh Budi Prasetyo SPsi. Disini dijelaskan Agus selaku PKB yang merangkap juga sebagai Koordinator PKB  bahwa kampung KB hanya sebuah wadah kegiatan saja yang dipergunakan untuk menampung berbagai program kegiatan dari pemerintah yang didukung oleh semua lintas sektor dan dinas instansi terkait. Sehingga, kata Agus, seluruh dinas instansi yang ada di Kecamatan Rongkop mempunyai tanggung jawab bagi keberlangsungan program Kampung KB ini. “Harapannya, dengan adanya kampung KB ini bisa membawa kemajuan dan perubahan tata kehidupan masyarakat di Dusun Ngejring khususnya dan Desa Karangwuni pada umumnya,” kata Agus.

Sementara, lanjut Agus, kepengurusan Kampung KB dan Poktan untuk segera dibentuk dan dikuatkan dengan dibuatkan Surat Keputusan atau SK  oleh Kepala Desa.

Di tempat yang sama, Kukuh Budi Prasetyo menyampaikan perlunya ciri khusus atau ikon di lokasi Kampung KB. “Sehingga, dari masyarakat ada gerakan kesadaran untuk menanam tanaman yang bermanfaat dan ada nilai ekonomis bagi warga masyarakat Dusun Ngejring. Paling tidak bisa meningkatkan ekonomi produktif dari warga masyarakat,” ujar Kukuh.

Di akhir kegiatan, masyarakat  merasa puas dan berkomitmen  melaksanakan program ini demi kemajuan dan kemakmuran semua warga masyarakat dan secara gotong royong mereka siap mendukung dan mensukseskan kegiatan Kampung KB ini. Mudah mudahan program ini bisa terlaksana dengan lancar dan sukses, bermanfaat buat masyarakat Desa Karangwuni khususnya dan Kecamatan Rongkop pada umumnya.(*)

[Agus sutoko, SSos, koresponden  dan Koordinator PKB Kec Rongkop]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *