P2WKSS merupakan program pemerintah pusat untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan menggunakan pola pendekatan lintas bidang pembangunan, yang secara terkoordinasi berfokus pada aspek pendidikan, kesehatan, keterampilan dan penghasilan terutama bagi keluarga miskin atau tergolong dalam rawan sosial ekonomi. Usaha pemerintah pusat tentang penyelenggaraan program terpadu P2W-KSS tidak terpisahkan dengan peran serta Pemerintah Desa dan peran aktif dari Tim Penggerak PKK Desa.

         
         Pada hari Rabu (23/10), Desa Umbulrejo kedatangan tamu Tim Evaluasi P2WKSS Kabupaten Gunungkidul yang diketuai oleh Kepala DP3AKBPMD Gunungkidul, Sudjoko, SSos, MSi. Dalam lomba P2WKSS tersebut Dusun Silingi dan Dusun Sunggingan ditunjuk untuk mewakili lomba tersebut. Dalam lomba ini ini Tim mengevaluasi seberapa berkembang, manfaat dan efektif bantuan P2WKSS di Desa Umbulrejo yang diberikan. Evaluasi tersebut sekaligus memberikan penilaian untuk dilombakan dengan P2WKSS  desa lain.

Sambutan hangat diterima oleh Dra Rumi Hayati, Kabid PPPA, yang sementara mewakili sebagai Ketua Tim sebelum Kadin hadir, beserta Tim dengan iringan kesenian reog dari warga binaan P2WKSS dan drumband dari anak-anak SD. Penilaian meliputi 18 aspek dengan administrasi dan sampel rumah sehat di warga binaan. Beliau sangat senang dengan perkembangan P2WKSS yang ada di Umbulrejo. Lomba dimulai dari evaluasi Dusun Silingi yang berpusat di Balai Dusun Silingi. Tim evaluasi P2WKSS disuguhi dengan berbagai pertunjukan yaitu senam anak-anak PAUD, senam ibu-ibu Dusun Silingi, dan seni hadroh. Selain itu juga terdapat bazar aneka makanan dan kerajinan yang dihasilkan dari warga binaan di dusun Silingi yang merupakan anggota kelompok UPPKS Banowati. Tim Evaluasi P2WKSS sangat antusias bahkan sampai memborong produk yang dijual di bazar.

Setelah selesai melakukan evaluasi dan penilaian di Dusun Silingi, Tim Evaluasi P2WKSS kemudian melanjutkan evaluasi dan penilaian di Dusun Sunggingan. Sambutan yang ramah dari warga Dusun Sunggingan ditunjukkan ketika rombongan Tim Evaluasi P2WKSS kabupaten Gunungkidul datang. Seperti di Dusun Silingi, Tim Evaluasi P2WKSS juga mendatangi sampel rumah sehat bahkan disalah satu rumah warga ada pengerajin kendang. Tak mau ketinggalan Ibu Rumi Hayati juga coba menggunakan kendang hasil kerajianan warga.

Setelah selesai melakukan evaluasi dan penilaian di dusun Silingi dan Dusun Sunggingan, Tim kemudian menuju ke Balai Desa Umbulrejo. Sesampainya di Balai Desa Umbulrejo, Tim disambut oleh Camat Kecamatan Ponjong, perangkat desa, dan warga Desa Umbulrejo.

Bapak R Asis Budiarto, SSos, selaku camat memberikan sambutan dan mengucapakn selamat datang untuk Tim Evaluasi P2WKSS Kabupaten Gunungkidul. Selain itu sambutan juga disampaikan oleh Kepala DP3AKBPMD Bapak Sudjoko, SSos, MSi. Beliau memberikan sambutan  dukungan kepada warga Desa Umbulrejo yang telah semaksimal mungkin dalam mempersiapkan lomba, bukan semata mata mencari kejuaraan tapi sebagai pemanasan lomba tingkat desa.  Beliau juga menyampaikan kepuasan tersendiri atas terselenggaranya kegiatan ini. 

Selanjutnya juga disampaiakn sambutan oleh Suwarsini, SPd AUD, selaku Pengurus PKK  Desa Umbulrejo, di mana beliau menyampaikan paparan kegaiatan yang di evaluasi dalam lomba. Dalam lomba tersebut beliau juga turut menghibur dengan menyumbangkan beberapa lagu untuk menghibur warga di Balai Desa Umbulrejo. Selain penampilan dari Kepala DP3AKBPMD (yang menyanyikan sebuah lagu), juga masih banyak lagi hiburan yang disugguhkan warga yaitu paduan suara, tari-tari anak, drama singkat stunting, dan senam lansia. Selain itu juga banyak bazar yang disajikan di Balai Desa Umbulrejo.(*) [Suka Priyono & Oktavia Fitri Rahayu, PKB dan Pramusaji BPKB Ponjong]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *