Senin (14/10) pukul 08.00 bertempat di halaman depan Kantor Balai KKBPK Kecamatan Playen dilakukan upacara pemberangkatan Bregada mBangun Desa oleh Camat Playen Bapak Muh Setyawan Indriyanto, SH, MSi, menuju hutan pinus Becici dalam rangka kegiatan Temu Kader IMP se-Kecamatan Playen.

Semarak yel-yel IMP Playen silih berganti dengan salam KB dilantangkan oleh seratus dua puluh peserta temu kader IMP bergema mengumandang menggetarkan dinding-dinding lingkungan perkantoran kecamatan.


Dalam kata sambutannya, Camat Playen merasa bangga atas pengabdian kader selama ini yang telah dengan gigih mengabdi  untuk kemajuan masyarakat dibidang KB da kesehatan. Beliau berharap agar momentum temu kader IMP ini semakin menumbuhkan rasa persatuan antar kader  dan akan memberikan kesegaran baru dalam membangun di bidang kesehatan, KB, dan pencegahan stunting.
Acara Temu Kader IMP tahun ini terasa berbeda dengan tahun 2018 di mana peserta diikuti oleh seluruh Sub PPKBD, PPKBD dan PKB berjumlah 120 orang dengan menggunakan  6 armada mini bus. Sedangkan di tahun 2018 hanya diikuti oleh pengurus kader IMP desa.  Panitia pun  telah mengagendakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mendukung keberhasilan program KKBPK. Adapun agenda yang harus diikuti oleh peserta adalah:

1. Menggemakan yel-yel IMP Playen dan menggemakan macam-macam salam di program KKBPK.
2. Kegiatan out bond yang dipandu oleh fasilitator out bond dari taman wisata hutan Pinus Becici.
3. Lomba yel-yel dan jingle program KKBPK antar kader IMP yang harus diikuti oleh masing-masing peserta PPKBD dan Sub PPKBD dari desa.
4. Pembagian door price melalui ketangkasan dalam menjawab pertanyaan seputar program KKBPK.

Dalam acara pembukaan di pendopo taman hutan pinus Becici, Pak Edy selaku Koordinator PKB Kecamatan Playen mengawali pesannya dengan mengajak semua peserta untuk meneriakkan, “Salam Indonesia” dan “Salam Petugas KB.” Disampaikan oleh Pak Edy rasa terimakasihnya kepada seluruh pengurus kader IMP Kecamatan Playen yang telah berhasil merealisasikan acara temu kader yang telah direncanakan sejak awal tahun 2019 lalu. Beliau berharap melalui temu kader IMP ini akan semakin mempererat kemitraan antar PKB dan kader maupun antar sesama kader. Kegiatan ini juga akan meningkatkan semangat pengabdian kader IMP dalam pembangunan dibidang program KKBPK. Tidak hanya itu melalui acara ini juga diharapkan menambah kapasitas dan komitmen bagi seluruh peserta di pembangunan program KKBPK.

Ismini, PPKBD dari desa Bandung selaku ketua kader IMP Kecamatan Playen menyampaikan laporan penyelenggaraan kegiatan temu kader tahun ini, sekaligus harapan ke depan agar bisa diagendakan kegiatan semacam dengan tujuan lokasi yang lebih bagus.
Nampak kegembiraan dan semangat ibu-ibu dalam mengikuti out bond yang dipandu oleh fasilitator out bond dari taman wisata hutan Becici, terbukti satu jam lebih riuh tawa dan konsentrasi  nampak dari wajah mereka.

Memasuki lomba yel-yel dan jinggel program KKBPK, ternyata hampir semua desa menampilkan kreativitas, kekompakan serta semangat yang luar biasa dalam memadukan antara gerak tari, vokal bermuatan program KB, stunting dan bahkan sampai upaya pendewasaan usia perkawinan. Tak diduga penampilan masing-masing kelompok yang berjumlah maksimal lima orang mampu memukau tidak hanya peserta out bond namun juga wisatawan pengunjung taman Becici pun ikut menyaksikan gerak tarian mereka.

Disela-sela penampilan lomba jinggel diadakan undian doorprize bagi peserta yang mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh PKB tentang program KB. Antusiasme kader pun sangat besar dan menunjukkan pengetahuan mereka yang lumayan bagus tentang program.

Pada sesi akhir disampaikan pemenang lomba yel-yel atau jinggel dengan juara pertama dari Desa Ngleri dengan total nilai 330, diikuti juara II dari desa Banyusoco dengan nilai 320 dan juara III direbut oleh pesrta dari Desa Banaran.

Untuk menutup acara diberikan juga hadiah uang pembinaan bagi desa yang mampu meraih akseptor KB terbanyak selama kurun waktu Januari sampai September dengan dimenangkan oleh Desa Getas dengan capaian sebesar 76,6 % dari yang ditargetkan 69 peserta KB baru.(*) [Drs Edy Pranoto, Koord PKB Playen]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *