Selasa (22/10) Kampung KB Tekik mengadakan pertemuan Posyandu Lansia yang diadakan di Kampung KB Tekik, Ngloro, Saptosari. Pada acara tersebut dihadiri oleh lansia dan PKB Kecamatan Saptosari dengan diawali senam lansia bersama dan kemudian dilanjutkan dengan pengukuran berat badan lansia dan tinggi badan lansia. Pada kesempatan itu juga, Umi Yunastuti, SE selaku pembina wilayah juga memaparkan beberapa materi mengenai 7 Dimensi Lansia Tangguh. Ketujuh dimensi lansia tangguh tersebut yaitu:

1. Dimensi Spiritual
Tekun beribadah, masa tua penuh berkah. Manusia adalah makhluk yang ber-Tuhan. Setiap orang percaya akan akan adanya kekuatan yang Maha Besar diluar kemampuan manusia. Kekuatan itu dalam agama disebut Tuhan yang Mahaesa.

2. Dimensi Sosial
Aktif bermasyarakat, masa tua penuh manfaat. Berupaya untuk membangun keluarga dan masyarakat dalam bentuk pendampingan, perawatan, dan kemandirian agar mampu merawat diri dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari.

3. Dimensi Emosional
Berbagi waktu dengan keluarga, masa tua bahagia. Keluarga menyediakan waktu, memberi perhatian, menciptakan suasana yang menyenangkan, memfasilitasi kegiatan sesuai dengan keinginannya.

4. Dimensi Fisik

Pola hidup sehat, lansia hebat. Aktivitas fisik seperti jalan kaki, berlari santai, naik sepeda, dan latihan otot kaki, serta makan makanan yang sehat dan seimbang perlu diperhatikan dalam memelihara kesehatan lansia.

5. Dimensi Intelektual
Aktifkan pikiran agar pikun tak mudah datang. Membaca, menulis, mengarang, dan berkesenian. Melakukan permainan-permainan (catur,  congkak, ular tangga,  teka-teki silang, puzzle, dan lainnya) meningkatkan silaturahmi, rekreasi dengan keluarga dapat meningktakan/ mempertahankan fungsi intelektual pada lansia.

6. Dimensi Profesional Vokasional
Hidup penuh arti, lansia tetap mandiri. Seorang yang ahli dalam bidangnya dan sebagai mata pencahariannya, menguasai ilmu pengetahuan menjunjung tinggi etika dan integritas seorang yang hidup dengan suatu keahlian tertentu dan terlibat kegiatan tertentu.

7. Dimensi Lingkungan
Lingkungan ramah, lansia aman dan nyaman. Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada disekitar manusia  dan mempengaruhi  perkembangan kehidupan manusia. Lingkunganyang  beraktifitas, bersih dan sehat, alam sekitar yang aman dan nyaman.

Acara ditutup dengan diskusi bersama.(*) [Ahmad Harwanto, SSos dan Ervina Budiati, PKB dan Pramusaji Kecamatan Saptosari]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *