Kegiatan Temu Kader IMP se-Kecamatan Tepus baru saja dilaksanakan pada hari Rabu (11/9), bertempat di Aula dan halaman kantor Kecamatan Tepus. Acara ini diikuti oleh 5 PPKBD, 81 Sub PPKBD dan 351 Kader Kelompok KB ditingkat RT serta dihadiri oleh Ketua PKK dari 5 Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, kepala instansi se-Kecamatan Tepus, kepala desa se-Kecamatan Tepus, pengurus Kampung KB  Wunut dan Kampung KB Duwet serta dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yaitu Sujoko, SSos, MSi. Selain itu acara ini dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik yaitu Heri Sukaswadi, SH, MH. Acara ini terselengara atas kerjsama IMP, Penyuluh KB dan  beberapa donatur yang tidak mengikat.
Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk membangun silaturahim antar kader dari lima desa yang ada di Kecamatan Tepus serta meningkatkan motivasi kader IMP untuk terus bersemangat menggelorakan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) guna mewujudkan keluarga yang sejahtera lahir dan batin.
Rangkaian acara Temu Kader IMP Se-Kecamatan Tepus ini meliputi: Lomba Yel-Yel KB, penampilan drama Kampung KB, penampilan Yel-Yel Kampung KB, Yel-Yel pengurus Forum IMP kecamatan, Pengukuhan Pengurus Forum IMP Kecamatan Tepus dan Deklarasi Gerakan Membangun Keluarga Berkualitas (Gerbang Gatas). Lomba Yel-Yel KBdiikuti oleh 5 desa yang ada di Kecamatan Tepus yaitu Desa Giripanggung, Desa Sumberwungu, Desa Sidoharjo, Desa Tepus dan Desa Purwodadi dengan dewan juri dari IPeKB Cabang Kabupaten Gunungkidul yaitu Drs Totok Hendrastara, MM, Dra Umi Wasriyati, MM dan Bapak Hudoyo, SSos. Adapun pemenangnya adalah :


Juara I              : Desa Sidoharjo
Juara II             : Desa Sumberwungu
Juara III            : Desa Tepus
Juara Harapan  : 1. Desa Purwodadi
                               2. Desa Giripanggung


Sedangkan untuk penampilan drama yang dipersembahkan oleh Kampung KB Duwet Desa Purwodadi menceritakan tentang bahaya nikah dini dan 4 T, drama ini sebagai bentuk dari KIE kreatif yang dikembangkan di Kampung KB Duwet untuk mensosialisaikan Program KKBPK kepada masyarakat.

Untuk penampilan Yel-Yel dari Kampung KB Wunut serta Yel-Yel dari Pengurus Forum IMP Kecamatan Tepus juga merupakan bentuk KIE kreatif guna mensosialisasikan Program KKBPK agar mudah dipahami oleh masyarakat. Pada kesempatan temu kader IMP ini juga dilaksanakan Pengukuhan Pengurus Forum IMP se-Kecamatan Tepus sebanyak 15 personil. Kepengurusan ini dibuat untuk mempermudah koordinasi antar desa yang ada di Kecamatan Tepus guna memperlancar pelaksanaan Program KKBPK sehingga tercapai tujuan secara optimal.

Dalam rangkaian acara ini juga ada kegiatan penggalangan komitmen bersama Gerakan Membangun Keluarga Berkualitas (Gerbang Gatas) yang dilaksanakan oleh seluruh kader IMP. Adapun Deklarasi Gerbang Gatas ini bertujuan untuk mewujudkan:
1
1. Keluarga Berencana menjadi kebutuhan bagi keluarga
2. Menghapus kekerasan dalam rumah tangga
3. Anggota keluarga membiasakan makan bersama dalam satu meja
4. Anggota keluarga membiasakan diri ijin/pamit ketika hendak bepergian dari rumah
5. Menghapus pernikahan anak dan melaksanakan Pendewasaan Usia Perkawinan
6. Mencegah perceraian dalam keluarga]
7. Melaksanakan 8 Fungsi keluarga: Agama, Sosial Budaya, Cinta dan Kasih Sayang, Perlindungan, Reproduksi, Sosialisasi dan Pendidikan, Ekonomi, Lingkungan.

Deklarasi “Gerbang Gatas” ini ditandatangani oleh PPKBD dari 5 desa, Kepala Desa, Lintas Sektor yaitu Kepala UPT Puskesmas Tepus I, Kelapa UPT Puskesmas Tepus II, Kepala KUA Kecamatan Tepus, Kapolsek Tepus, Danramil Tepus, Camat Tepus dan Kepala DP3AKBPM& D Kabupaten Gunungkidul.


Sujoko, SSos, MSi dalam sambutannya, beliau sangat bangga dengan acara temu kader IMP se-Kecamatan Tepus yang dihadiri oleh kuranglebih 500 peserta baik dari kader IMP maupun dari tamu undangan. Beliau juga sangat bangga dengan para kader IMP sebagai ujung tombak keberhasilan program KKBPK dilapangan yang bekerja tanpa pamrih. Kader IMP merupakan mitra kerja yang mampu menjadi agent of change bagi masyarakat guna menciptakan tujuan utama yaitu keluarga yang berkualitas bahagia sejahtera. Tanpa peran serta kader IMP mustahil Program KKBPK ini dapat berjalan dengan baik di lini bawah. Hal ini selaras dengan sambutan Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan, Heri Sukaswadi, SH, MH, di mana beliau memberikan apresiasi yang luar biasa dengan terselenggarakannya acara temu kader IMP se-Kecamatan Tepus ini dan beliau berharap bahwa program KKBPK senantiasa meningkat dan mampu menciptakan keluarga yang sejahtera.

Acara temu kader IMP se-Kecamatan Tepus juga dimeriahkan dengan penampilan menyanyi dari kader IMP maupun tamu undangan serta pembagian doorprize bagi kader IMP. Acara ini ditutup dengan menyayikan lagu syukur sebagai ungkapan kebahagiaan atas karunia Tuhan Yang Maha Esa.(*) [Edy Subambang, SSos, PKB Tepus]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *