Kamis (29/8), dilakukan pertemuan BKL dan Posyandu Lansia yang dilaksanakan di Balai Dusun Wareng, Kepek, Saptosari. Pada acara yang terselenggara hari ini dihadiri oleh Kader BKL dan Lansia anggota Posyandu Lansia. Acara diawali dengan pembukaan oleh kader dan kemudian dilanjutkan penimbangan, pengukuran lingkar pinggang, dan pengukuran tensi lansia. Pada kesempatan ini juga para Kader BKL selalu memberikan motivasi kepada lansia agar selalu ceria dan memahami dirinya sendiri. Tepuk lansia menjadi obat dan penyemangat bagi lansia yang hadir, menjadikan lansia bisa berbaur dengan lansia lainnya dan mampu membuat suasana yang penuh dengan tawa dan ceria. Dengan begitu lansia mampu melepaskan beban pikiran yang sering singgah dalam benak mereka. Karena ada 5 tipe kepribadian lansia yaitu:

1. Tipe Konstruksi, yaitu dapat menerima fakta kalau sudah menjadi tua, santai, toleran, fleksibel, nrima tetapi tidak pasrah


2. Tipe Tergantung, yaitu sifat pasif, tak berambisi, pada usia pensiun menikmati tapi kalau kehilangan pasangan hidup putus asa karena kehilangan tempat bergantung.

3. Tipe Mandiri, yaitu pada waktu muda aktif pada pergaulan sosial menolak bantuan, cemas menghadapi usia tua, tetap aktif meskipun sudah pensiun dan tidak menikmati usia pensiun.

4. Tipe Bermusuhan, yaitu senderung menyalahkan oranglain, sering mengeluh, agresif, curiga, tidak dapat melihat segi positif usia tua, takut mati, iri pada yang muda, dan tidak tenang.


5. Tipe Tidak Benci Diri yaitu kritis terhadap diri sendiri, menyesali diri mengapa terlambat mengisi masa mudanya untuk memenuhi keinginannya, nasi telah menjadi bubur pasrah tapi tidak nrimo.

Maka dari itu perlu adanya dukungan dari keluarga terutama untuk mendukung dan menciptakan suasana selalu menyenangkan dan suaasana ceria bagi lansia agar kesehatan psikologi tetap terjaga dengan baik, dengan kesehatan psikologis/jiwa yang selalu terjaga maka akan menciptakan kesehatan jasmani yang terjaga pula.

Sebelum kegiatan berakhir, dilakukan diskusi oleh lansia dan keluarga lansia sehingga unek-unek para lansia terurai dalam pertemuan tersebut.(*) [Ahmad Harwanto, S.Sos dan Ervina Budiati, PKB dan Pramusaji BPKB Kecamatan Saptosari]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *