Dalam rangka momentum  Harganas XXVI dan menyambut HUT RI ke 74 tahun 2019, Balai Penyuluh KB Kecamatan Paliyan mengadakan lomba Capaian KB baru atau yang biasa disingkat Paliyan CAKEB. Lomba tersebut bertujuan untuk meningkat kesertaan KB baru, khususnya penggunaan metode kontrasepsi MKJP di wilayah Kecamatan Paliyan.


Lomba yang diikuti oleh 7 (tujuh) desa tersebut melibatkan seluruh kader IMP KB dari masing-masing desa untuk mengintensifkan kegiatan KIE, konseling dan kunjungan rumah dalam rangka menjaring akseptor KB baru. Rentan waktu yang dibatasi atara bulan April sampai bulan Juli 2019 menuntut kekompakan dan gerak cepat dari masing-masing kader KB untuk mendapatkan poin nilai.


Setelah empat bulan masa kompetisi, Desa Karangasem keluar sebagai pemenang dengan  mendapatkan peserta KB baru;  IUD 17, Implan 1, MOW 1, dan suntik 1, jumlah point 78. Juara Kedua diraih oleh Desa Sodo yang berhasil mendapatkan peserta KB baru; IUD 6, MOW 2, kondom 4, suntik 4, dan pil 6, dengan jumlah point 50. Disusul juara ketiga yaitu Desa Pampang yang mendapatkan akseptor KB baru; IUD 5, implan 2, kondom 5, suntik 7 dan pil 4, dengan jumlah point yang diperoleh 42. Akumulasi dari hasil lomba Paliyan CAKEB seluruh desa se Kecamtan Paliyan, pencapaian KB baru periode April-Juli 2019; IUD 38, implan 4, MOW 4, kondom 9, suntik 32 dan pil 16.

Drs Yulihardi Handoyo, selaku Camat Paliyan mengapresiasi adanya kegiatan lomba Paliyan CAKEB. Beliau menuturkan; “Dengan diadakan lomba semacam ini, setidaknya bisa membagkitkan semangat kader KB, untuk semakin gigih menggelorakan program KB di masing-masing wilayahnya, harapannya tujuan program yakni menciptakan keluarga kecil bahagia sejahtera bisa tercapai.” [Purwadi, Penyuluh KB Paliyan]

1 thought on “Kompetisi “Paliyan CAKEB”, Desa Karangasem Raih Nominasi I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *