Mempunyai anak yang sehat dan cerdas  adalah dambaan setiap keluarga dan  merupakan  permata paling berharga  bagi orang tua. Berbagai cara dan usaha dilakukan oleh orang tua agar anak anaknya kelak  menjadi  kebanggaan keluarga. Salah satu dari usaha tersebut  adalah dengan mengikuti penimbangan balita yang ada di  Posyandu atau pos pelayanan terpadu, salah satu tujuannya agar bisa mengetahui pertumbuhan anak dengan melihat KMS (Kartu Menuju Sehat) si anak.  Orangtua bisa mengetahui kesehatan anak dari grafik yang ada dalam kartu tersebut. Dan masyarakat sudah semakin paham manfaat dari penimbangan ini maka  setiap jadwal pelaksanaan semua ibu balita sudah on time mendatangi posyandu, begitu pula yang terjadi di Kampung KB Klampok.
Posyandu  di Kampung KB Klampok rutin setiap  bulan mengadakan pertemuan. Namun kali ini  berbeda  dengan biasanya, lebih meriah  dan ramai. Baik balita maupun  ibu-ibunya kelihatan lebih fresh dan ceria.  Hari itu Senin  (22/4), Padukuhan Klampok  menggelarkegiatan Gebyar Posyandu Perdana  hasil   kerjasama  PT Indofood dengan Kader Posyandu Kenanga di Kampung KB Klampok dan  Posyandu Gumbeng, Giripurwo, Kecamatan Purwosari Gunungkidul.
            Acara diawali dengan doa dilanjutkan sambutan oleh Dukuh Margono, Ketua Kampung KB.  Dalam sambutannya  beliau menyampaikan ucapan  selamat datang danterimakasih kepada PT Indofood atas kepeduliannya pada balita  padukuhan Klampok yang telah berkenan  memberikan  pelatian pada kader dan  fasilitasi Gebyar Posyandu Perdana  yang diadakan hari ini sehingga masyarakat lebih memahami asupan gizi yang baik  bagi balitanya. “Klampok yang di tunjuk  sebagai kampung KB  merupakan kebanggaan tersndiri buat kami dengan adanya Gebyar Posyandu Perdana  ini, dan saya berharap Posyandu kita lebih baik dari sebelumnya, dan ilmu yang didapatkan kader bisa disosialisasikan pada warga lain sehingga tidak adalagi balita yang mengalami kekurangan gizi maupun keterlambatan pertumbuhan,” ujar Margono.
            Selanjutnya acara  berbagai lomba di mulai dengan  tiga macam kategori dengan peserta  seluruhnya 42 peserta. Kategori pertama lomba merangkak  diikuti 8 balita, kategori kedua lomba makan biscuit pesertanya  8 balita, sedangkan lomba  yang ke 3 lomba fotogenik dengan jumlah peserta 26  balita berpasangan dengan ibu masing masing.  Pemenang lomba  selain mendapatkan piala juga bingkisan. Kegiatan ini murni support dari PT Indofood  yang sebagian produknya adalah makanan bayi dan balita dan diselenggarakan secara gratis dan baru pertama kali diadakan di wilayah ini.
            Dari tahun 2016  PT Indofood sudah memfasilitasi ketua Posyandu Yuni Maryani dengan pelatihan pijat bayi, sampai sekarang  Ibu Yuni memanfaatkan ilmu nya di lingkungan tempat tinggalnya bahkan mau berbagi ilmunya dengan kader kader lain. Menurut hasil wawancarakami  dengan Ibu Yuni Maryani, support dari PT Indofood  sangat luar biasa untuk Posyandu  Klampok. Terbukti hari ini masyarakat sangat antusias berperan aktif dalam  lomba dengan tertib dan teratur mendampingi putra putri mereka mengikuti tahapan lomba.
 Semua  peserta merasa senang dengan  acara ini karena sangat bermanfaat baik untuk balita maupun orang tua. Bagaimana pun juga, untuk perkembangan mental sosialnya, anak memang perlu dilatih dengan bersosialisasi dengan orang lain. Selain itu, bagi orangtua, selain menambah wawasan ini  juga sebagai momentumyang untuk bersilaturahmi dengan ibu balita lain, bertukar informasi dan pengalaman dalam pengasuhan anak balitanya. Mereka berharap di kesempatan lain ada kegiatan semacam ini dengan skala yang lebih luas lagi. 
Selain itu menurut para peserta, mereka bisa mengetahui  berbagai jenis produk dari PT  Indofood  yang berupa bubur dan bikuit bayi sekaligus bisa berinteraksi langsung dengan tim dari perusahaan tersebut yang dengan sopan dan ramah memberikan pelayanan pada ibuibu balita. Selain itu, kontribusi mereka (perusahaan) untuk Posyandu Klampok dirasakan tidak berhenti sampai di promosipromosi saja, tetapi juga edukasi pada para  ibu balita di kampung KB. Acara siang itu di tutup dengan penyerahan hadiah dan bingkisan pada pemenang lomba dan diakhiri dengan doa.(*) [Nur Istiqomah, PKB Purwsoari]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *