Hari ini Senin (29/4), secara serentak di beberapa kecamatan dilaksanakan pembinaan kelompok Tribina yang di danai oleh BKKBN lewat dana BOKB. Di Kecamatan Rongkop pembinaan Tribina dilaksanakan di kelompok Kampung KB Dusun Ngasem Kidul, Desa Bohol. Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB yang dibuka oleh Ketua Kampung KB Ngasem Kidul, Sujanto.

Dalam sambutannya, Sujanto menyampaikan  bahwa semua kelompok kampung KB diharapkan bisa berjalan dengan baik dan bisa menambah kemajuan bidang KB dan bidang yang lain di wilayahnya. Selain itu juga dari kelompok merencanakan akan mengadakan studi banding ke lain wilayah untuk melihat beberapa kegiatan yang telah di lakukan sehingga dari hasil studi banding nantinya bisa dilaksanakan dikelompok kampung KB Ngasem Kidul. Di Dusun Ngasem Kidul sendiri telah terbentuk kelompok BKB, BKL, dan UPPKS.


Acara pembinaan dilanjutkan sambutan dari Koordinator PKB Kecamatan Rongkop, Agus Sutoko, SSos. Dalam sambutannya Agus mengatakan bahwa dengan dibentuknya kelompok-kelompok kegiatan, nanti Dusun Ngasem Kidul khususnya dan Desa Bohol umumnya bisa meningkat taraf hidupnya serta ekonomi produktifnya. Semua kelompok diharapkan segera mengadakan pertemuan baik BKB, BKL, maupun UPPKS-nya.
Di samping itu juga telah disepakati rencana membuat rumah data di mana hal tersebut untuk memuat semua data kegiatan yang ada di dusun Ngasem Kidul dan data dari dusun-dusun yang ada di Desa Bohol. Sehingga semua data dapat dilihat secara jelas dan lengkap. Di lain pihak, juga disampaikan materi tentang BKB Holistik yang disampaikan oleh PKB Desa Bohol Upik Pajarimi.

Acara dilanjutkan dengan mendatangkan nara sumber dari UPT Puskesmas Rongkop, Evi Inayati Amd Keb. Bidan Evi, panggilan akrabnya, menjelaskan tentang penggunaan Kartu KKA yang digunakan dalam kegiatan BKB dan juga merencanakan pembinaan ke kelompok BKL bersama PKB secara rutin. Sehingga, harapannya baik kelompok BKB maupun BKL nantinya bisa berjalan dengan baik setiap bulannya dengan menggunakan media seadanya. Acara ditutup dengan berdoa bersama sama yang dipimpin oleh Ketua Kampung KB yang sekaligus menjabat sebagai kepala Dukuh Ngasem Kidul.(*) [Agus Sutoko, SPd, PKB Rongkop]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *