Hari Senin (29/4) merupakan hari bersejarah bagi Padukuhan Bareng, Kemiri. Pada hari itu akan diresmikan Kampung KB Bareng yang telah dibentuk pada tahun 2018.

Bebagai persiapan pun dilaksanakan, dengan harapan agar tidak  mengecewakan para tamu yang akan datang terutama Hj Badingah, Bupati Gunungkidul. Direncanakan Kampung KB Bareng akan meaampilkan segala potensi kegiatannya pada momentum peresmian tersebut.

Tepat jam 10.00 WIB, rombongan yang dipimpin langsung Bupati Gunungkidul tiba di Padukuhan Bareng, yang disambut masyarakat Bareng dengan penuh antusias. Sebagai prosesi awal dilakukan pengalungan rangkaian bunga melati kepada Bupati Gunungkidul oleh anggota PIK Remaja Gareng Padukuhan Bareng. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan menyaksikan tampilan adik-adik PAUD dan TK Bareng yang menyanyikan lagu “Aku Anak Sehat”, sekaligus Bupati Gunungkidul berkenan menyaksikan simulasi pelaksanaan Posyandu.
Pada kegiatan tersebut Bupati Gunungkidul berkesempatan melakukan dialog dengan Tenaga Pendidik PAUD. Banyak hal yang disampaikan, antara lain pentingnya mempersiapkan generasi kualitas mendatang, sehingga kualitas PAUD dan TK merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan.
Tiba saatnya peresmian Kampung KB Bareng yang ditandai dengan membuka selubung Rumah Data Kampung KB Bareng yang dilakukan oleh Bupati Gunungkidul, disaksikan oleh Sujoko, SSos, MSi, Kepala DP3AKBPM&D Gunungkidul, Camat Rakhmadian Wijayanto, AP, MSi, dan pengguntingan rangkaian melati, yang dilanjutkan dengan melihat Rumah Data Kampung KB Bareng.
Ir Sihana Yuliarta selaku Koordinator Penyuluh KB Tanjungsari memberikan penjelasan singkat perihal Rumah Data Kampung KB. Dikatakan bahwa data yang ditampilkan tujuannya untuk memberi gambaran umum kampung KB dalam wujud angka. Selanjutnya, ada dialog singkat antara kader Tribina, kader KB, Pengurus Pokja Kampung KB dengan Bupati Gunungkidul.
Pada kegiatan peresmian Kampung KB Bareng itu, juga ditampilkan kesenina Gejok Lesung dari ibu-ibu PKK Padukuhan Bareng yang turut menyemarakkan kegiatan hari itu. Simulasi BKB dan BKR pun ditampilkan, dan tidak ketinggalan tampilan dari PIK Remaja Gareng Padukuhan Bareng yang sangat memikat para tamu untuk menyaksikannya.
Tepat jam 11.00, Bupati Gunungkidul meninggalkan Padukuhan Bareng dan segera akan menuju ke Balai Desa Kemadang untuk mencanangkan kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XV tahun 2019. Harapannya, tentu saja, dengan diresmikannya kampung KB Bareng, itu akan menambah semangat Pokja Kampung KB untuk berkegiatan, agar tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.(*) [Sihana Yuliarto, PKB Tanjungsari]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *