Bertempat di Balai Dusun Wiyoko Utara sebagai kampung KB di wilayah Desa Plembutan diadakan pertemuan kelompok BKL Sido Sehat. Pertemuan yang dilaksanakan pada Selasa (09/4) ini dimulai pada pukul 09.30 dihadiri oleh lebih dari 45 peserta. 


Dalam sambutannya, Saidi selaku Kepala Dusun menyampaikan rasa terimakasihnya pada seluruh anggota BKL yang telah datang lebih awal dan mengisi waktu sebelum acara dimulai dengan kegiatan kerja bakti bersih-bersih lingkungan balai dusun. Beliau juga mengajak pada semua anggota BKL untuk menjaga semangat, karena banyak manfaat yang diperoleh manakala bersedia mengikuti kegiatan BKL.

Dalam kesempatan ini, Titik Sukismiyati selaku PKB Desa Plembutan memberikan semangat pada anggota BKL untuk tetap setia mengikuti kegiatan setiap bulannya. Beliau mengingatkan agar peserta tidak jenuh dalam menerima materi, karena semua itu banyak manfaatnya untuk menjaga kesehatan lansia.

Menjadi kejutan pada kesempatan ini pembawa acara mengajak semua yang hadir untuk memberikan ucapan “Selamat Ulang Tahun” pada Drs Edy Pranoto yang sedang berulang tahun pada hari ini. Secara beramai-ramai seluruh peserta pun spontan menyanyikan lagu “Happy Birth Day” buat Pak Edy, sapaan akrabnya.
Pada tanggapannya, Pak Edy memberikan hadiah pada semua peserta dengan mengajak anggota BKL melakukan senam mulut dengan mengucapkan “A, I, U, E, O” beberapa kali. Dan dibantu oleh Mugimin, salah satu PKB lainnya, melakukan absensi peserta, yang mana peserta harus menjawab dengan ucapan A atau I,E, dan O. Sedangkan bagi peserta yang salah jawab diberikan sangsi untuk bercerita, atau menyanyi. Ada tujuh ibu-ibu lansia yang salah jawab. Mereka pun dengan bangga melaksanakan sangsi dengan spontan menyanyikan lagu Balonku Ada Lima, sedangkan ibu yang lain bercerita tentang keluhan yang dihadapi dibidang kesehatan dan ekonomi. Untuk memberikan semangat pada ketujuh orang tadi diberikan bingkisan door price oleh PKB Titik Sukismiyati.

Pada pengarahan selanjutnya Drs Edy Pranoto selaku Koordinator PKB Playen memberikan tips-tips pertemuan BKL agar tidak membosankan. Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan yang melibatkan seluruh anggota BKL sehingga akan mengusir kejenuhan pertemuan yang bersifat monoton. Adapun kegiatan itu meliputi:

Pembukaan pertemuan BKL meliputi :

1. Senam bersama anggota BKL (30 menit)
2. Pemeriksaan kesehatan lansia, meliputi tensi darah, ukur tinggi badan, berat badan.
3. Pembahasan pekerjaan rumah bulan yang lalu
4. Kegiatan curah pendapat tentang kondisi lansia pada beberapa kasus

Pembahasan bagian inti pertemuan, meliputi:
1. Pembahasan topik baru materi Lansia Tangguh
2. Praktik atau demonstrasi topik yang dibahas
3. Pemberian pekerjaan rumah pada sasaran sesuai topik bahasan

Penutup, meliputi:
1. Kader menyimpulkan hasil pertemuan
2. Kader mengingatkan pertemuan yang akan dating 
3. Penutup (doa)

Setelah selesai, kader melanjutkan kegiatan dengan melakukan kegiatan berikut:

  1.  Pengisian administrasi C/I/BKL
  2. Pengisian blangko R/I/BKL
  3. Lakukan kunjungan rumah pada anggota yang tidak hadir


Acara dilanjutkan dengan pembahasan Kantong Bhakti pertemuan ketiga, tentang pembinaan fisik pada lansia. Acara ini langsung dipraktikkan oleh kader BKL dan dipandu oleh PKB Sukartini dan PKB Mugimin. Ibu-ibu merasa gembira karena langsung praktik bagaimana caranya melakukan gerakan fisik yang membuat lebih lentur pada otot-otot kaki, perut, leher lansia.

Acara ditutup pada pukul 12.30 WIB dengan kegiatan makan bersama menikmati menu sehat bagi lansia, berupa nasi, sayur, lauk ikan, air minum dan tak lupa buah segar.(*) [Drs Edy Pranoto, Manager BPKB Playen]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *