Dalam rangka ulang tahun Kecamatan  Purwosari yang ke 18,  Balai Penyuluhan KB (BPKB) Kecamatan Purwosari yang dikoordinatori oleh Suroto, SSos, MM, bekerja sama dengan UPT  Puskesmas Purwosari dan PKBI Gunungkidul mengadakan Baksos pelayanan KB dan IVA di Polindes Giriasih pada Sabtu (23/3). Sasarannya adalah pasangan usia subur yang belum ber KB  maupun ibu-ibu pasca melahirkan. Dari hasil kegiatan  tersebut  dapat terlayani   peserta implan  27 orang, IUD 14 orang dan IVA sebanyak 41 orang. Acara Baksos KB dan IVA sudah menjadi acara rutin yang diselenggarakan  di Kecamatan Purwosari setiap bulan Maret .
            Kegiatan ini biasa diselenggarakan dalam satu hari penuh, namun kali ini karena berbarengan dengan jadwal Evaluasi Perelombaan Desa di Giripuwo, maka kegiatan  dimundurkan dan diadakan selama satu minggu full. Even ini diawali dengan Baksos KB, IVA,  dan cek polongan darah, dilanjutkan dengan pelayanan  SIM masal, pelayanan akta kelahiran dan akta kematian  gratis dan donor darah dengan sasaran PNS, perangkat desa dan perwakilan siswa di wilayah Purwosari. Kemudian, ada juga kegiatan aksi sosial bersih bersih sampah di lokasi JJLS wilayah perbatasan  Giriasih dan Girijati.
              Kegiatan selanjutnya yakni upacara ulang tahun kecamatan  yang diselenggarakan di GOR Kecamatan Purwosari pada hari Kamis Paing (28/3) dengan  peserta upacara memakai busana tradisionl gagrak Ngayogyakarta. Bertindak selaku pimpinan upacara  Siti Isnaini Dekoningrum, SH, mewakili Bupati Gununkidul. Menurut beliau, Bupati Badingah, SSos, tidak bisa hadir dikarenakan  ada 8 undangan yang harus dihadiri Bupatipada hari itu juga. “Ibu Bupati menyampaikan salam pada masyarakat Purwosari yang guyub rukun bahu-membahu membangun Purwosari agar lebih maju. Saya sendiri mengusulkan agar Kecamatan Purwosari, yang mempunyai aneka makanan khas tradisional unggulan dan bisa mempunyai nilai jual, bisa mempromosikan produknya ke masyarakat luas, dengan harapan sehingga bisa berdampak pada kesejahteraan masyarakat Purwosari pada umumnya,” ajak Bu Dekon, panggilan akrabnya.
             Kegiatan pada hari ke lima yakni jalan santai dan pameran  produk UKM.
Dalam acara jalan santai ini sasarannya adalah masyarakat umum dan anak anak sekolah dengan banyak hadiah hiburan dan doorprize  lima ekor  kambing dan sebuah televisi. Sebelum acara jalan santai dimulai, diadakan senam Maumere sebagai pemanasan yang dipimpin oleh Teteh Nia dari Giripurwo dan diikuti oleh  jajaran Muspika Kecamatan Purwosari maupun Sekcam Purwosari. Acara    jalan santai di  mulai tepat pukul 08.00 WIB, dilepas oleh Camat Purwosari yakni Bapak Puwono, SIP, MM.
              Setelah selesai  mengikuti gerak jalan dan menungggu pengumuman doorprize, peserta melihat-lihat pameran produk UKM.  Dalam pameran tersebut ditampilkan antara lain makanan  kecil, aneka minuman, aneka lauk pauk, tempe kripik, cucur dan masih banyak lagi hasil olahan masyarakat. Tak ketinggalan ada beberapa tampilan produk kerajinan antara lain sepatu, tas, dompet  rajut,hasil dari kelompok pengajian ibu-ibu muda atau para ‘mahmud’ (mamah  muda) Tlogowarak dan kelompok pengajian Assakinah.(*) [Nur Istiqomah, PKB Purwosari]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *