Kampung KB Sempulur Padukuhan Kayubimo Desa Kemadang kembali menerima kunjungan peserta study banding Rumah Data Kependudukan, di mana kali ini dari kelurahan Bumijo kecamatan Jetis Yogyakarta. Suatu kebanggaan tersendiri bagi Kampung KB Sempulur, karena melalui momentum study banding tersebut, ada harapan besar dapat mendorong agar kegiatan di Kampung KB Sempulur akan lebih tertata dan dapat menambah semangat warga untuk berkegiatan, yang tentunya akan dapat lebih mewarnai kegiatan Kampung KB di Padukuhan Kayubimo tersebut.

Tepatnya tanggal 09 Maret 2019, Kampung KB Sempulur menerima tamu study banding dari kelurahan Bumijo, Jetis. Persiapan dilaksanakan agar tidak mengecewakan tamu yang akan hadir. Agenda utama yang akan dilihat antara lain Rumah Data Kependudukan, Pengelolaan Kampung KB, dan kegiatan Tribina termasuk administrasinya.
Jam 10.30 WIB tepat tamu dari Kelurahan Bumijo, Kecamatan Jetis Yogyakarta yang dipimpin langsung oleh Camat Jetis, Drs Sumargandhi, MSi, tiba di Padukuhan Kayubimo, yang disambut oleh pengurus Kampung KB Sempulur yang memakai kostum didominasi nuansa hijau untuk ibu-ibu sedangkan untuk bapak-bapaknya menggunakan kostum batik. Tidak ketinggalan Sutino, Dukuh Kayubimo juga ikut menyambut  dan berjabat tangan langsung dengan segenap tamu dari Yogyakarta.
Rombongan study banding yang dipimpin oleh Camat Jetis Yogyakarta, ternyata juga mengikutsertakan pejabat dari DPPKB (Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana) Yogyakarta, antara lain Drs Baskoro, MSi (Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Data Informasi KIE),  Drs Waryono, MPH (Kepala Seksi Pengendalian Penduduk dan KIE), juga hadir Lurah Bumijo, Leonardo Hutapea, yang di wilayahnya pada tahun 2018 dirintis dibentuk Kampung KB yang berlokasi di Kampung Pingit.
Tepat jam 11.00 WIB acara resmi dimulai, yang diawali dengan sajian Tari Garapan Mangastuti    oleh Bima Taruna  Karang Taruna Padukuhan Kayubimo, yang dilanjutnya menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Keluarga Berencana.
Dalam sambutan selamat datang yang pada saat itu disampaikan dengan menggunakan bahasa Jawa, Sutino, Dukuh Kayubimo menyampaikan selamat datang teriring ucapan terima kasih atas berkenan mengunjungi padukuhan Kayubimo. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan Kampung KB yang ada di wilayahnya masih jauh dari sempurna, dengan saling tukar pengalaman antara Kecamatan Jetis dan kecamatan Tanjungsari, harapannya kegiatan Kampung KB baik yang ada di Padukuhan Kayubimo maupun Kampung Pingit akan mendekati sempurna, dan tujuan akhirnya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dapat terwujud.
Drs Sumargandhi, MSi sebagai pimpinan rombongan menyampaikan maksud tujuan kedatanganya ke Kampung KB Sempulur, Kayubimo. Yang pertama tujuan kedatangannya adalah untuk ngangsu kawruh, melihat pengelolaan Kampung KB, Rumah Data Kependudukan, dan kegiatan Tribina yang ada di Kampung KB Sempulur Kayubimo, yang akan diterapkan di wilayah Kelurahan Bumijo, yang mulai tahun 2018 sudah dirintis dibentuk Kampung KB yang berlokasi di Kampung Pingit. Semoga dengan saling tukar pengalaman, kegiatan Kampung KB dapat berjalan baik.
Tiba saatnya pemaparan pengelolaan Kampung KB Sempulur yang disampaikan oleh Susmianto (Ketua Kamping KB Sempulur), yang diawali dengan menyanyikan lagu Mars KKB Sempulur.
MARS KKB SEMPULUR
(Lagu Tiwul Gunungkidul)
Tak pikir kowe wis lali, marang wargo padukuhan Kayubimo
Mrene mrene tamatno sing prono, Kayubimo wis pantes dadi tulodo
Gotong royong dadi tradisi, mujudtake lingkungan kang asri
Kampung KB dadi unggulane, Kampung KB Sempulur iku arane
Nanem sayuran obat obatan, pancen nyoto migunani
Program KB Kesehatan, uwis mesti tansah dilakoni
Agomo lan pendidikan, iku program paling utomo
Wargo sayeg sak eko kapti, mujudtake Kayubimo nomor siji
Demikian lirik lagu Mars Kampung KB Sempulur, yang merupakan gambaran hal yang menjadi tujuan dibentuknya Kampung KB di wilayah Padukuhan Kayubimo.
Pada presentasi Pengelolaan Kampung KB Sempulur, Susmianto menyampaikan gambaran kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan. Disampaikan juga kegiatan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh lintas sektor, baik dari Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Peternakan, KUA termasuk dari Polsek Tanjungsari, yang membuktikan bahwa integrasi kegiatan antar lintas sektor sudah berjalan di Kampung KB Sempulur.
Selesai Susmianto dengan presentasinya dilanjutkan kunjungan lapangan. Rumah Data Kependudukan lokasi pertama yang dikunjungi yang berlokasi di                Rumah Rogono. Di lokasi Rumah Data Kependudukan yang dilengkapi Pojok Kependudukan juga ditampilkan administrasi kegiatan Tribina juga administrasi Kelompok Tani Wanita, dan Kelompok Tani Dadi Subur. Juga tidak ketinggalan ditampilkan kebun sayuran yang merupakan kegiatan Kelompok Wanita Tani, sayuran yang ditanam antara lain, tomat, terong, cabai, sawi, dan lain-lain. Dialog antara pengurus kader Tribina dengan para peserta study banding pun terjadi, tentunya untuk lebih baiknya pengelolaan kegiatan Tribina baik kegiatannya maupun administrasinya; yang jelas satu sama lain saling memberikan masukan demi kebaikan kedepan.

Pada kegiatan hari itu, Kampung KB Sempulur juga menyelenggarakan bazar, memberi kesempatan UPPKS untuk menampilkan produknya. Sangat beragam produk yang ditampilkan, yang merupakan makanan olahan dengan bahan lokal, antara lain: belalang, labu kuning, undur-undir, ikan laut, wader, rumput laut dan lain-lain, dan tidak ketinggalan kerajinan kerang juga ditampilkan. Bidang pertanian menampilkan hasil panen buah alpukat, buah naga, dan labu kuning. Yang cukup membanggakan semua produk yang ditampilkan sangat diminati oleh peserta study banding, dan habis diborong.
Tepat jam 13.00 WIB acarapun berakhir. Banyak hal yang dapat dipetik melalui kegiatan study banding, tentunya untuk lebih menambah semangat pengurus Kampung KB untuk meningkatkan kualitas kegiatannya. Salam Kampung KB Sempulur. Sayeg sak eko kapti, mujudtake Kayubimo nomor siji.(*) [Sihana Yuliarto, Direktur BPKB Tanjungsari]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *