Rabu (27/03) bertempat di Padukuhan Wuni Desa Nglindur Kecamatan Girisubo diadakan acara “Pengenalan tentang PIK Remaja”. Latar belakang dari pengenalan tentang PIK-Remaja di Padukuhan Wuni ini di sebabkan oleh faktor pernikahan anak di usia dini yang masih sering terjadi di kalangan remaja saat ini di dusun tersebut. Acara tersebut di hadiri oleh Ibu Surami selaku penyuluh dari Dinas Sosial yang juga sekaligus kader BKR, yang dalam hal ini akan menjadi narsum acara tersebut. Hadir sebagai audiens dalam acara para remaja anggota Karang Taruna “Manunggal Putra” dan remaja Dusun Wuni yang masih duduk di bangku SMP sd SMK/sederajat.


Sutris selaku pembawa acara, membuka acara dengan memanjatkan doa bersama. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan Kepala Dusun Wuni, Totok wahyudi. Dukuh menyampaikan bahwa beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini dan sangat medukung sekali adanya perhatiaan dari PKB Girisubo demi kemajuan dan perkembangan remaja yang ada di Padukuhan Wuni, khususnya untuk memberi pencerahan kepada remaja tentang pentingnya kesehatan reproduksi remaja dan menghindari pernikahan dini.

Selanjutnya acara inti, yakni materi dari Ibu Surami selaku pemateri. Beliau menjelaskan tentang pengenalan PIK Remaja. PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja), menurut beliau, adalah wadah untuk saling mengedukasi dan mengonseling antar sesame remaja untuk menghindari tiga hal: seks bebas, nikah dini, dan narkoba. Surami juga menyampaikan unsur-unsur PIK-R, kegiatanya, maupun tujuan dari PIK Remaja itu sendiri. Antusiasm dari perserta yang hadir sangat patut diapresiasi, tampak bahwa mereka sangat bersemangat, luar biasa sebagai perserta, di dalam mendengarkan dan memahami apa yang di sampaikan oleh pemateri.

Harapanya setelah kegiatan pengenalan ini, tambah Surami, Padukuhan Wuni dapat membentuk PIK Remaja sebagai salah satu wadah untuk mengatasi permasalahan di kalangan remaja umumnya. Dengan adanya PIK Remaja di Padukuhan Wuni, kiranya wadah tersebut dapat bantu menambah pengetahuan dan wawasan remaja di dusun tersebut berkaitan dengan masalah yang sering di hadapi, misalnya: pergaulan bebas, seks bebas, pernikahan dini, dll.

Acara yang terakhir adalah penutup. Acara ditutup dengan memanjatkan doa bersama-sama. Alhamdulillah acara berlangsung lancer dan sukses, dan dalam waktu dekat akan diadakan acara pertemuan lanjutan untuk pemantapan dalam membentuk wadah PIK-R di Dusun Wuni.(*) [Rudi Purwanto, Girisubo]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *