Dipimpin oleh Ketua IPeKB Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Ir Sihana Yuliarto dan didampingi Ketua IPeKB Pusat Triyana, SE, rombongan pengurus IPeKB DIY berjumlah 30 orang menuju Kampung KB Sumber Gondo yang berada di Dusun Salam Rejo, Desa Sumber Gondo, Kecamatan Glanmore, Kabupaten Banyuwangi. Berangkat dari Perwakilan BKKBN Propinsi DIY pada hari Jum’at (4/1) jam 15.00 WIB tepat, sampai tujuan lokasi pada hari Sabtu (5/1) pukul 04.00 pagi.

       Pada hari pertama rombongan diajak menuju sekretariat Kampung KB Sumber Gondo yang berada sekitar 600m dari jarak tempat menginap. Rombongan disambut oleh kader pengelola kampung KB, tokoh masyarakat, PKB, setempat serta Bapak Saidi (Ketua IPeKB Kabupaten Banyuwangi).


          Tampilan tarian Kampung KB Sumber Gondo yang dilakukan oleh 4 anak menjadi pembuka acara kunjungan resmi. Dalam sambutan selamat datang, Saidi coba memaparkan sekilas keberadaan Kampung KB Sumber Gondo Kecamatan Sempu sebagai Juara Kampung KB di Propinsi Jatim pada tahun 2018. Sedangkan Sihana Yuliarto, dalam tanggapannya,berharap lewat kunjungan ini akan meningkatkan ikatan kekeluargaan di antara sesama PKB maupun sesama pengurus IPeKB. Beliau juga menuturkan agar hasil studi ini bisa dibawa pulang untuk dikembangkan di kampung KB Jogja.

          Pada acara inti ditampilkan selukbeluk program kegiatan KKBPK, intervensi kegiatan dan managemen pengelolaan Kampung KB Sidomulyo, desa Jambewangi sebagai kampung KB juara II se-Propinsi Jawa Timur pada Lomba Kesatuan Gerak PKK, KB-Kesehatan pada tahun 2017 oleh Mas Saiful sebagai pengelolanya. Kampung KB Sidomulyo merupakan kampung KB awal pembentukan  di pertengahan tahun 2016 oleh Bupati Banyuwangi. Pada intinya ada beberapa kunci keunggulan kampung KB di sana, yaitu:


1. Pucuk pimpinan formal yang memilki komitmen untuk menggerakkan SKPD Kabupaten bersama-sama menggarap program kampung KB,
2. Adanya kesamaan visi misi antara pejabat pemerintahan, pengurus kampung KB dan masyarakat setempat
3. Adanya kegotong-royongan yang kuat di dalam melaksanakan program secara bersama-sama
4. Tingginya kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan program kampong KB sebagai sarana membangun desa.


Ada beberapa intervensi kegiatan yang dilakukan dikampun KB ini, yaitu:

a. Adanya kegiatan pavingisasi jalan dengan anggaran dari Dinas PU
b. Gerakan Pencari Emas (mencari KK miskin untuk bersama-sama diangkat dari keterpurukan)
c. Pembuatan gazebo untuk membuka tempat wisata kebun
d. Gerakan tanam bunga pucuk merah untuk hiasan jalan
e. Pembuatan rumah singgah untuk ibu-ibu hamil, menyusui , yang dipelopori oleh Babinkamtibmas
f. Gerakan seribu gentong dan 

          Sedangkan kampong KB Salamrejo sebagai generasi kedua pun sudah menunjukkan kegiatannya dengan baik. Dalam pengamatan kami ada beberapa point yang bisa dipetik dari kunjungan di Salamrejo, yaitu:

1. Kepala Desa Sumbergondo sangat mendukung kegiatan Kampung KB sehingga tidak ragu lagi mengintegrasikan dengan pembangunan di sektor lain.
2. Posisi menguntungkan, kebetulan PKB desa sekaligus sebagai ketua Tim Penggerak PKK desa.
3. Kegiatan administrasi sudah didukung dengan sarana prasarana, seperti : papan pertemuan yang alami sederhana namun menarik.
4. Sudah ada Rumah Data Kependudukan didukung dengan sarana IT dan tenaga yang memadai.
5. Masyarakat punya rasa kepemilikan terhadap program, terbukti dengan adanya Taman Kampung KB, kebun kampung KB, pekarangan rumah kampung KB, tarian kampung KB, dsb.

Di akhir sesi kunjungan dipandu oleh Ny Estin Sunarmi, sebagai PKB setempat, rombongan diajak untuk menari tarian Kampung KB Sumber Gondo, dan minum bersama minuman tradisional produk ibu-ibu kader berupa kunir asam dan beras kencur.
         
Rombongan selanjutnya diajak beramah tamah dengan PKB Kecamatan Glanmore di pantai Pulau Merah sambil menikmati kesuburan dan keindahan kebun jeruk, ketela pendem dan buah naga di tanah Blambangan ini. Pada malam harinya rombongan dari Jogja ini beramah-tamah di rumah Ny Estin didampingi teman-teman PKB Kecamatan Glanmore.

Pada Minggu, hari kedua kunjungan, rombongan Jogja diantar berkeliling kota Banyuwangi menikmati indahnya pantai utara Jawa, dan diakhiri dengan pelepasan di Taman Safari Baluran Situbondo.(*) [Edy Pranoto, Playen]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *