Bertempat di Balai dusun Ngunut Tengah, Senin (12/11), sekitar 84 balita beserta orangtuanya berkumpul untuk minum susu bersama SGM. Acara keterpaduan kegiatan ini diikuti oleh BKB Melati, Sri Mulyo, bersama Posyandu Melati dan PAUD Anak Bangsa disponsori oleh sebuah perusahaan susu formula terkenal, yang berkantor di Mujamuju, Yogyakarta.

Kegiatan terbagi menjadi tiga seksi, yaitu penimbangan balita yang dilaksanakan oleh kader gabungan tiga dusun se-Desa Ngunut. Penimbangan berat badan balita bertujuan untuk memonitor pertumbuhan badan jasmani si balita. Hasilnya untuk bulan ini tidak ada balita yang timbangannya menurun.

Kemudian anak-anak PAUD diberi kegiatan permainan anak dan bernyanyi  yang diasuh oleh 3 pendidik PAUD masing-masing Farida Handayani, Prapti, dan Esti. Anak-anak diajak untuk bergembira, dilatih  terampil, berani, dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi lewat bernyanyian didepan umum.

Sementara itu, kegiatan BKB dipandu oleh PKB setempat, Drs Edy Pranoto, dengan diadakan  penyuluhan yang bertema: Manfaat ASI bagi Ibu dan Anak. Menurut PKB, setidaknya ada enam manfaat ASI yang perlu diketahui, yaitu:

1. ASI akan memberikan kekebalan tubuh bayi semakin kuat;
2. ASI membuat si kecil lebih cerdas; 
3. ASI membuat tulang leher dan belakang lebih kuat; 
4. ASI eklusif memberikan KB secara alami minimal enam bulan;
5. Pemberian ASI memberi perlindungan ibu dari perdarahan, resiko kanker menurun;
6. Pemberian ASI akan lebih menghemat uang.

Tim konsultasi dari perusahaan susu formula menyampaikan penerangan tentang manfaat penambahan nutrisi susu formula bagi anak-anak. Ada dua jenis produk yaitu susu soya dan hewani. Ibu-ibu bisa memberikan tambahan susu formula sebagai pelengkap nutrisi anak dari dua jenis tersebut, mana yang lebih cocok.

Ny Suminah dan Ny Sumiyem selaku pengurus IMP desa memanfaatkan acara ini dengan melakukan konseling KB dan penyuluhan KB secara perseorangan. Hasilnya mendapat dua calon akseptor KB pasca salin atas nama  Ny Evi dengan anak terkecil umur 7 bulan, yang mana beliau berharap bisa dilayani KB IUD. Kemudian Ny Melia dari Ngunut Lor dengan anak terkecil 8 bulan berharap mendapat pelayanan KB Implant. Sedangkan Ny Alfi Ismiatun telah dilayani KB MOW pasca salin dengan jumlah anak ada tiga.

Acara dimeriahkan dengan minum susu bersama semua anak yang hadir, dilanjutkan dengan sesi konsultasi nutrisi bagi ibu oleh tim gizi perusahaan susu formula. Untuk memeriahkan suasana, di akhir sesi dilakukan pembagian undian doorprize dan foto bersama.(*) [Edy Pranoto, Koord BPKB Playen]

   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *