Rabu (31/10), pertemuan pertama sejak dilaunching Kampung KB di Desa Ngalangombo , kecamatan Semanu sebulan yang lalu , diadakanlah kegiatan rapat yang dihadiri oleh perangkat Desa Plembutan, Playen, tokoh masyarakat, calon pengurus Kampung KB serta PKB se-Kecamatan Playen. Acara bertempat di ruang pertemuan PKK. Acara dibuka oleh Dra Edi Supriyanti selaku Kepala Desa Plembutan. Pertemuan ini dilakukan dalam rangka pencanangan Wiyoko Utara sebagai kampung KB.

Kades Plembutan berterimakasih karena Wiyoko Utara telah mendapat kesempatan dijadikan wilayah kampung KB. Beliau meminta pada seluruh tokoh masyarakat,  kader, dan perangkat desa untuk bahu-membahu bersatu untuk membangun Wiyoko utara dalam bingkai program Kampung KB. Dalam kesempatan ini diungkapkan pula bahwa program kampung KB ini diharapkan bisa bersinergis dengan persiapan Perlombaan Desa tahun 2019 yang akan jatuh di dusun Wiyoko Utara.

Sementara itu pihak DP3AKBPMD Kabupaten Gunungkidul yang diwakili oleh Muh Amirudin, SSos, selaku Kepala Seksi KB, menyampaikan pesannya agar dengan dibentuknya Kampung KB di Dusun Wiyoko Utara ini akan membangkitkan pembangunan kualitas keluarga melalui berbagai program ketahanan dan kesejahteraan keluarga, seperti kegiatan BKB,BKR, BKL dan UPPKS. Lebih jauh dikatakan bahwa pemilihan Wiyoko Utara sebagai Kampung KB berdasarkan kriteria kemiskinan serta pencapaian kesertaan KB yang rendah, maka dengan program ini kedepan keluarga yang berkategori miskin dapat berkurang secara signifikan. Harapannya juga kesertaan KB aktif akan meningkat termasuk kesertaan KB pria.
Pada sesi berikutnya, Muh Setyawan Indriyanto, SH, MSi, selaku Camat Playen membeberkan dengan gamblang apa itu kampung KB dan apa yang menjadi tujuan program kampung KB. Beliau sangat berharap pada ibu dan bapak yang hadir nantinya mampu menjadi pengurus yang akan melihat potensi kependudukan dan kekayaan kewilayahan lokal dapat disinergikan dalam upaya pembangunan masyarakat desa.
Sementara itu, Supriyono, AMKL, SKM, selaku Kepala Puskesmas Playen II menyampaikan bagaimana upaya membangun generasi yang handal. Menurutnya, melalui pengasuhan di masa balita sangat setrategis sekali dalam membentuk pribadi yang cerdas, sehat, dan beraklak. Dengan adanya kampung KB di dusun Wiyoko Utara ini diharapkan peran Posyandu akan semakin optimal lagi dalam pelaksanaan  kegiatan di meja 1 samapai 5. Melalui Posyandu akan dicetak generasi yang sehat, disinergikan dengan kegiatan BKB yang akan membuat orang tua menjadi hebat dalam pengasuhan anak sehingga akan menjadi wahana bagi tumbuhnya generasi yang sehat dan cerdas.

Diakhir sesi, Titik Sukismiyati, SE, selaku PKB setempat memandu acara pembentukan pengurus Pokjanal Kampung KB Dusun Wiyoko Utara. Dalam kesempatan ini disusun pula kepengurusan sementara bagi kelompok kegiatan Tri Bina yang akan segera dibentuk.(*) [Drs Edy Pranoto, Koordinator PKB Playen]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *