Kegiatan pencanangan Germas Puskesmas Tepus II,  dilaksanakan pada Kamis (11/10) yang bertempat di lapangan sepak bola Desa Purwodadi yang dihadiri oleh: dr Dewi Irawaty selaku Kepala Dinas  Kesehatan Kabupaten Gunungkidul,  Camat Tepus beserta Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Tepus,  KUA,  Penyuluh KB,  Bhabinsa,  Bhabinkamtibmas,  Kepala Desa Purwodadi,  Kepala Desa Tepus,  Kepala Giripanggung,  seluruh karyawan karyawati dari Puskesmas Tepus II beserta kurang lebih 280 kader kesehatan dibawah koordinasi Puskesmas II yang berasal dari Desa Giripanggung,  Desa Purwodadi dan Desa Tepus. “Kegiatan pencanangan ini baru dapat dilaksanakan dikarenakan untuk bulan kemarin masih disibukkan dengan kegiatan akreditasi,” kata Kepala Puskesmas Tepus II, dr Damayanti.

Acara pencanangan Germas ini diawali dengan senam sehat bersama yang diikuti oleh seluruh kader dan tamu undangan sebagai upaya membumikan kegiatan germas salah satunya adalah aktivitas fisik selama minimal 30 menit setiap harinya. Acara dilanjutkan dengan  acara seremonial yang diawali dengan doa bersama dilanjutkan sambutan dari Kepala Puskesmas Tepus II yaitu dr Damayanti. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terimasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta dan juga dukungan dari lintas sektoral,  kader dan seluruh masyarakat dalam pelaksanaan semua kegiatan yang dilaksanakan oleh Puskesmas Tepus II. Beliau berharap bahwa Puskesmas Tepus II mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

Sebagai komitmen bersama dilaksanakan juga penandatangan Deklarasi Germas oleh Kepala Dinas Kesehatan,  Camat Tepus berserta Forkompinca Kecamagan Tepus,  KUA,  Penyuluh KB,  Kepala Desa dan Koordinator Kader dari tiga desa wilayah kerja Puskesmas Tepus II.

Dalam sambutannya, Camat Tepus,  R Asis Budiarto, SSos menyampaikan bahwa jangan sampai kegiatan deklarasi ini hanya sebagai kegiatan yang bersifat seremonial tetapi juga menjadi komitmen bersama dan implementasinya menjadi perilaku yang sehat bagi masyarakat sehingga derajat kesehatan masyarakat menjadi baik.

Adapun sambutan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan, dr Dewi Irawaty tentang tiga komponen dari Germas, yaitu pertama, aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari. Aktivitas fisik yang dimaksud adalah dengan berolahraga. Beliau juga menjelaskan perbedaan antara bekerja dengan olahraga. Komponen kedua dari Germas adalah makan buah dan sayur setiap hari,  sebagai upaya untuk meraih derajat kesehatan yang lebih baik. Pola makan yang sehat harus dimulai dari sejak dini agar anak-anak kita terbiasa dengan pola makan yang sehat. Pola makan yang sehat merupakan tindakan preventif dari pencegahan dari berbagai penyakit dalam tubuh.

Kemudian disampaikan pula komponen yang ketiga yaitu cek kesehatan secara berkala. Jangan sampai kita datang ke pelayanan kesehatan pada saat sakit tetapi pada saat kita sehat harus selalu cek kesehatan sebagai upaya preventif.

Pada kesempatakan ini juga diadakan gerakan makan buah oleh seluruh peserta sebagai tanda komitmen bersama untuk mengimplemantasikan gerakan makan buah dan sayur setiap hari. Setelah acara penutupan masih dilanjutkan dengan penilaian lomba yaitu lomba bermain peran dengan tema salah satu sari indikator pada gerakan Germas dan lomba menggubah lagu dengan tema Germas. Lomba diikuti oleh kader kesehatan desa yang ada di wilayah kerja Puskesmas Tepus II yaitu Desa Tepus,  Desa Giripanggung dan Desa Purwodadi. Hasil Kejuaraan Lomba dalam rangka Deklarasi Germas adalah:

Lomba Bermain Peran/Drama:
Juara 1 kader Desa Giripanggung
Juara 2 kader Desa Tepus
Juara3 kader Desa Purwodadi

Sedangkan kejuaraan menggubah lagu adalah:
Juara 1 kader Desa Giripanggung
Juara 2 kader Desa Purwodadi

Juara 3 kader Desa Tepus.(*) 
[Ndari-Fifin]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *