Sekilas Tentang Flanel

Flanel adalah jenis kain tertua dalam sejarah manusia, lebih tua dari kain tenun dan rajut. Kain flannel ini digunakan untuk membuat kerajinan tangan atau handicraft. Aneka kerajinan tangan dari flannel bisa bermacam-macam, antra lain gantungan kunci, gantungan HP, tempelan kulkas, bros jilbab, jepitan rambut, bando, dan sebagainya. Untuk mendapatkan kain flannel, kita bias membelinya di toko-toko perlengkapan jahit.


Yang menarik dari kain flannel adalah warnanya yang bermacam-macam dan teksturnya lembut. Karena tekstur yang lembut itu, maka kain flannel aman dan nyaman digunakan untuk kerajinan. Harga kain flannel juga murah.

Kerajinan dari kain flannel ini juga dapat menjadi peluang usaha home industry (produk rumahan), khususnya bagi ibu rumah tangga. Dalam memulai usaha kain flannel ini tidak memerlukan modal yang besar dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mempelajarinya. Yang dibutuhkan hanya “mencoba” , sebagaimana pepatah mengatakan, “Cobalah maka kamu akan tahu”. Setelah mencoba maka harus ada usaha, jangan menyerah, jangan takut gagal, dan jangan terlalu serius (santai saja). Jadi, intinya ada dua modal awal untuk menguasai kerajinan tangan ini, yaitu mencoba dan berusaha.

UPPKS Kenanga
UPPKS Kenanga yang beralamatkan di Dusun Nglindur Wetan, RT/RW 04/01, Desa Nglindur, Kecamatan Girisubo, berdiri pada tahun 2014 yang diketuai oleh Umiyarsi, SIP, dengan anggotanya yang berjumlah 4 orang. Ada beberapa produk unggulan dalam UPPKS kami, yaitu nuget ayam  dan nuget tuna, serta kerajian dari kain flannel yang akan dibahas di sini. Alhamdulillah, berkat usaha rumahan kami ini, ada tambahan pendapatan anggota yang lumayan, sehingga bias menambah nafkah keluarga. Ketua UPPKS Kenanga adalah Umiyarsi, SIP, kader PPKBD Dusun Nglindur Wetan, Nglindur, Girisubo.

Kerajinan Flannel UPPKS Kenanga
Berawal dari mencoba-coba, kami pertama-tama membuat gantungan kunci dan bros. Awalnya hasil kurang bagus, tetapi kami terus mencoba hingga akhirnya bros dan gantungan kunci layak dipasarkan. Alat yang dibutuhkan dalam pembuatan kerajinan tangan ini adalah kain flannel, dakron, peniti untuk bros, gantungan kunci, pola (untuk gantungan kunci dan bros), benang, dan jarum. Kemudian untuk pembuatan kerajinan tangan berupa bunga bahan yang dibutuhkan adalah flannel, pola untuk membuat bunga dan daunnya, juga kawat untuk membuat tangkai. Selanjutnya untuk membuat vasnya, kami menggunakan bekas botol air mineral atau botol sirup yang dipotong kemudian kami hias dengan kain flannel. Untuk vas kami juga menggunakan barang-barang bekas yang sekiranya dapat digunakan dan masih layak untuk didaur ulang. Pembuatan kerajinan kain flannel ini kami kerjakan setiap hari pada jam-jam luang disela-sela kesibukan.

Harga setiap produk kerajinan flannel ini bermacam-macam, untuk gantungan kunci berkisar Rp 3.000,00 – Rp 5.000,00, tergantung tingkat kesulitan bentuk gantungan kuncinya. Untuk bros harga berkisar Rp 1.500,00 – Rp 5.000,00, tergantung kerumitan dalam membuatnya. Tetapi, untuk pemesanan banyak, bros dapat dibandrol dengan harga Rp 1.000. Untuk vas bunga dan bunganya harga mulai Rp 20.000,00 – Rp 50.000,00 tergantung banyaknya bunga dan tingkat kesulitannya. Kami juga menerima pesanan kerajinan flannel dengan bentuk dan pola yang sesuai  permintaan pelanggan.


Untuk pemasaran kerajinan kain flannel ini kami mempromosikannya melalui media sosial, yang paling intensif kami gunakan yaitu melalui postingan story di Whatsapp dan Instagram Story. Kami juga memanfaatkan kekuatan “word of mouth” dimana para pembeli akan memasarkan produk kami secara tidak langsung kepada orang lain dengan memberi tahu dan memperlihatkan produk yang telah dibelinya dari kami.

Kami juga selalu mendapat bimbingan dan arahan dari PKB Kecamatan Girisubo, bagaimana cara pengepakan, pemasaran, peningkatan inovasi, dan semacamnya. Pihak BPKB Girisubo juga beberapa kali mengajak kami untuk mengikuti pameran di kecamatan, di kabupaten, serta mengikuti pelatihan-pelatihan bagi kader UPPKS. Tidak lupa, BPKB juga memfasilitasi kami untuk mengadakan forum pertemuan dengan UPPKS lain baik yang di Girisubo atau di kecamatan lain, untuk saling sharing dan tukar informasi.

      Demikian tentang kerajinan kain flannel kami, semoga memberi inspirasi bagi pembaca untuk berkreasi dan berinovasi. Kami juga menerima jasa untuk memberikan pelatihan kepada para pembaca, pegiat UPPKS, kelompok usaha, UMKM, atau siapa pun, dari nol sampai nanti benar-benar bisa mandiri membuat produk. Kami sangat senang berbagi. Di Girisubo, kami sering dimintai BPKB Girisubo untuk mengisi materi pembuatan kerajinan tangan flannel ke poktan-poktan di hampir semua desa, dan akhir-akhir ini terutama di kampung KB, di kelompok PIK-R, dan sebagainya. Sumangga, kami sangat senang bisa membantu. Pesan kami untuk para pembaca “ buka mata, pasang telinga, alirkan dalam pikiran dan take action. Berani mencoba tidak takut gagal, takut gagal jangan coba, takut coba gagal saja.”(*) [Umiyarsi, telp: 08122709697]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *