Bertempat di Dusun Gading IV Desa Gading Kecamatan Playen, pada Selasa (4/9) berlangsung penilaian, Evaluasi Hatinya PKK Tingkat Nasional Tahun 2018,” oleh Tim Penilai lomba Hatinya PKK Pusat.
          Acara ini dihadiri oleh Bupati Gunungkidul Hj Badingah, SSos, didampingi Kepala DP3AKBPM&D Gunungkidul, Sujoko, SSos, MSi, Tim Penggerak PKK Propinsi dibawah komando NyAssyanti, dan Tim Penggerak PKK Kabupaten dipimpin Ny Immawan. Dalam sambutannya Bupati Gunungkidul menyampaikan, bahwa perempuan memiliki potensi besar dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Ibu-ibutelah mentransformasi diri menghadapi dunia pariwisata melalui penyedia jasa kuliner, homestay, maupun kerajinan tangan sebagai oleh-oleh bagi wisatawan.

           Melalui PKK, ujar Badingah,diharapkan perempuan lebih banyak berkiprah dalam perencanaan pembangunan, pelaksanaan pembangunan yang bisa diaplikasikan melalui musrenbang dusun sampai desa. Melaui mekanisme perencanaan ini harapannya aspirasi wanita bisa ditampung.

          Melalui hatinya PKK, lanjut Bupati, diharapkan kontribusi nyata dari kaum wanita dalam membangun keluarga, misalnya dalam bentuk pemeliharaan sampah, penanaman Toga (tanaman obat & keluarga), tabulapot, kolam ikan, dsb. Diharapkan multi fungsi halaman atau pekarangan bisa menjadi lumbung pangan, tabungan keluarga yang akan menjadikan lingkungan rumah sebagai home sweet home dalam hatinya PKK melaui gotongroyong dilingkungan dasa wisma.

          Ketua Tim Penggerak PKK Desa Gading, Ny Atun, dalam penyampaian paparannya menjelaskan beberapa hal al:


           Pertama, fungsi Hatinya PKK sebagai wujud peran serta wanita dalam pembangunan dalam rangka mendukung meningkatkan pendapatan keluarga. Beliau menyampaikan juga bahwa tujuan dari Hatinya PKK itu meliputi:
a.    Optimalisasi fungsi pekarangan berbasis kawasan rumah lestari;
b.    Ketersediaan pangan yang cukup bagi keluarga;
c.    Menumbuhkan minat untuk mengkonsumsi makanan yang aman dan sehat;
d.   Menumbuhkan orientasi pada ketahanan pangan ditingkat desa;
e.    Pemanfaatan pekarangan pada muara akhirnya untuk menurunkan angka kemiskinan.
          Kedua, bahwa dalam lomba Hatinya PKK ini ditampilkan beberapa suguhan yang menarik, yaitu:
a.    Disuguhkaannya kawasan lestari lingkungan, berada di dusun Gading V;
b.    Disuguhkannya kawasan lumbung pangan dan kebun percontohan yang ada di dusun Gading III, Gading IV, dan Gading V;
c.    Disuguhkannya pengelolaan sampah yang sehat melalui bank sampah di dusun Gading I;
d.   Disuguhkannya tanaman wajib bagi setiap keluarga, yaitu tanaman pisang.
e.    Disuguhkannya Taman hatinya PKK di dusun Gading III.
      Dalam akhir paparannya Ny Atun memaparkan segudang prestasi yang telah diraih oleh PKK Gading, seperti juara I Lomba Cipta Menu tahun 2016; Juara I Kreasi Menu Lombok ijo tingkat Propinsi; Juara I Piala Adi Karya, Juara I Tingkat Propinsi  lomba Pengelolaan Bank Sampah. Dengan segudang prestasi itu diharapkan lomba Hatinya PKK Tingkat Nasional ini akan menjadi juara I juga untuk melengkapi prestasi yang sudah ada itu.
          Pada kesempatan pesan dan kesan, Drs Johan Siswono selaku Ketua Pokja III PKK Pusat membacakan sambutan Ketua Tim Penggerak PKK Pusat  Ny Erni Guntarti Cahyo Kumolo yang isinya:    

1. Mengajak untuk memelihara semangat gotong-royong untuk melawan kemiskinan melalui PKK sebagai sarana meningkatkan kesejahteraan keluarga;
2. Gotong-royong dijadikan aspek yang penting dalam pembangunan masyarakat melalui pembangunan keluarga;
3. Lomba Hatinya PKK ini memiliki nilai yang strategis untuk menginspirasi, memotivasi dalam pemberdayaan keluarga di masyarakat.


      Dalam penyampaian kesan dan pesannya, beliau menekankan bahwa lomba Hatinya PKK ini yang dinilai buklan kebun kebun yang ada di luar jauh dari rumah, namun lebih fokus pada halaman pekarangan rumah. Belaiu juga mendapatkan kesan bahwa untuk membangun Hatinya PKK di daerah pegunungan seperti Gunungkidukl ini tidaklah mudah, pasti memiliki tingkat kesulitan tersendiri dari sisi air maupun jenis tanahnya. Secara sepontan beliau juga mengagumi jenis tanaman batternat yang dibudidayakan oleh Sumari, di mana seperti dijelaskan oleh Ny Atun bahwa buah batternat  punya keunggulan tersendiri  baik dari sisi harga jual maupun khasiat anti oksidan. 

      Dalam pesannya beliau meminta bahwa PKK sebagai mitra bagi OPD kabupaten/kota, yang tidak elok kalau harus minta bantuan belas kasih dalam melangsungkan kehidupannya. Karena PKK itu memiliki basis data demografis maupun geografisyang akurat sampai tingkat RT,maka dengan data itu bisa digunakan untuk membuat usulan pembangunan  untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan lingkungannya melalui musrenbang. Dengan harapan usulan program ini bisa diterima dan mendapatkan anggaran yang lebih jelas dan signifikan. Akhirnya beliau menyampaikan secara gamblang kalau PKK Desa Gading  setidaknya dipastikan masuk lima besar tingkat nasional mendampingi PKK dari Jawa Tengah, Sumatra Selatan, Sumatra Tengah, dan Ternate.(*) [Edy Pranoto, Kontributor Playen]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *