Jumat (24/8) bertempat di Dusun Gading IV, di homestay milik Sumari, di hadapan Wakil Bupati Gunungkidul dan Tim Penggerak PKK Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Ny Sukirman selaku ketua Tim Penggerak PKK Desa Gading menyatakan kesiapan Gading maju mewakili PKK Gunungkidul di ajang “Lomba Hatinya PKK Tingkat Nasional” di awal September 2018. Namun demikian, karena lomba ini yang sedianya pada bulan April 2018 yang lalu, maka tentu saja kondisi cuaca kemarau ini cukup mempengaruhi penghijauan di pekarangan warga. Oleh karena itu beliau meminta bantuan dari Pemerintah Kabupaten untuk mensuplai air guna untuk penyiraman pekarangan di dusun sampel.
       
      Dalam sambutannya, Wabup Dr Drs Immawan wahyudi, MH, menyampaikan harapannya agar dalam menyampaikan paparan bisa menonjolkan aspek proses penggarapan Hatinya PKK baik kesulitan maupun kendala yang dihadapi dan perlunya menampilkan paparan foto-foto keberhasilan penanaman pangan di bulan April di mana pada bulan tersebut tanaman pangan di pekarangan mengalami puncak produksi. Beliau juga mengharapkan agar dipaparkan keberhasilan penanaman produksi pangan yang sifatnya unik dan unggul dari sisi manfaat kesehatan maupun secara ekonomis, seperti produksi buah butternat. Pesan akhir beliau mengharapkan agar lomba Hatinya PKK ini bisa menjadi gerakan untuk membangkitkan nilai gotong royong di dalam membangun ekonomi dan kesehatan warga Gading melalui gerakan menanam tanaman pangan di setiap pekarangan  milik warga.

          Sementara itu, Tim Penggerak PKK Provinsi yang diwakili oleh Assiyantini, selaku ketua Pokja III, menyampaikan agar untuk persiapan yang sudah memasuki finishing ini bisa dilakukan lagi pemangkasan pada daun-daun yang sudah mengering karena terik matahari pada  tanaman yang merambat di setiap pintu masuk di pekarangan sampel. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penguapan pada tanaman, serta mengupayakan agar tanaman terlihat indah. Sedangkan untuk mengatasi hama yang menyerang pada buah dan bunga beliau bersedia mengirimkan tanaman cerasia sebagai media penanggulangan hama secara alami. Pada akhir pembinaan, beliau mengharapkan agar tanaman billahong sebagai penghias di pagar bisa diganti dari tanaman pangan saja, mengingat tujuan dari Lomba Hatinya PKK ini fokus pada tanaman pangan bukan obat.
          Dalam kesempatan ini, Drs Sudodo MM, selaku Assek I Bupati Gunungkidul yang membidangi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, mengharapkan agar ada pendanaan secara bergotong-royong dari seluruh komponen baik dari dusun sampel sampai Kabupaten, demi meraih prestasi yang terbaik. Sedangkan permasalahan air yang kurang karena musim kemarau ini, beliau sudah berkoordinasi dengan PDAM Gunungkidul dan sudah dikirim air tangki untuk bantuan penyiraman tanaman menjelang lomba ini.
       Dalam sesi tanya-jawab, Sumari selaku ketua pengelola tanaman pangan  pekarangan di Gading IV, sekaligus pemilik homestay, menyampaikan bahwa di tempat sampel ini sebenarnya hanya sebagai percontohan saja, sedangkan di tempat lain seperti di RT VII Dusun Gading IV juga ada tanaman pekarangan berupa cabe yang juga sangat baik. Sedangkan di dusun Gading V, persisnya di tempatWasto juga ditampilkan berbagai produk tanaman pangan dipekarangan. Beliau mengharapkan agar nantinya Tim PPKK Nasional juga diajak untuk melihat keberhasilan tanaman pangan pekarangan di tempat tersebut. [Drs Edy Pranoto, Kontributor Playen]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *