[Catatan Penyuluhan]

   
      Sabtu (7/10) adalah hari libur pegawai negeri. Namun saya tetap sempatkan diri menemani siswa-siswi pengurus PIK Remaja “Kembang Brayan” SMP Negeri 1 Girisubo, yang melakukan kegiatan outbond di Pantai Jungwok, Jepitu, Girisubo. Kami memang berbagi tugas. Teman PKB yang lain, yakni Prasetyohadi dan Hudoyo, mengurus pelaksanaan papsmear di UPT Puskesmas Girisubo hari ini juga, Sabtu (7/10).

      Bersepeda motor, saya ditemani mantan santri saya di PP Al-Hikmah Karangmojo, Miyanto, pakar hipnoterapi lulusan PAI Universitas Islam Jakarta. Dengan berbekal surat pengantar dari Camat Girisubo, kami masuk tanpa membayar retribusi. Jalan cukup terjal, dan sampai di sana sekitar jam 9-an, di mana anak-anak PIKR sudah lama menunggu, ditemani oleh guru pembimbing kesiswaan, Listyana Indawati, SSos I.

      Total siswa yang ikut outbond ada 10 orang, putra dan putri, masing-masing 5 orang. Mereka mengikuti kegiatan dengan antusias. Sebab, mereka mendapatkan materi yang relatif baru, yakni hipnoterapi. Anak-anak diajak relaksasi untuk memulihkan pikiran dan batin agar bisa tenang dan sehat luar dalam. Dengan hipnoterapi itu, anak-anak juga diarahkanh untuk mengubah mindset agar positif, tak lupa ditanamkan tentang tugas utama mereka, yakni belajar dan belajar.

      Miyanto, SPdI, sang hipnoterapis, menegaskan bahwa dengan metode ini sesungguhnya kita sadari bahwa semua bermuara dan berawal dari pikiran. “Metode ini mengajarkan, bahwa pikiran kitalah yang membentuk mindset dan itu akan menentukan tindakan kita di alam sadar,” ujar lelaki yang baru menikah beberapa bulan yang lalu ini.

      Sementara itu, Listyana Indawati berharap bahwa kegiatan ini akan berdampak positif untuk membangun mental belajar siswa. “Saya malah berharap, besok anak-anak diberi materi ini untuk mempersiapkan Unas. Bahkan kalau bisa, PIKR se-Kecamatan Girisubo bisa diberi materi ini secara kolektif,” harapnya.

      Terakhir, sebelum pulang, anak-anak melakukan shoting video untuk klip “Salam GenRe 2016”. Videonya bisa dilihat di sini: Salam GenRe 2016 PIKR Kembang Brayan.(*) [gus broer, girisubo]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *