Senin (21/8) dilaksanakan pertemuan rutin tingkat desa, atau yang lazim dikenal Rakordes, di dua desa sekaligus, yakni Tileng dan Nglindur, Kecamatan Girisubo. Di Tileng dilaksanakan jam 09.00 WIB sedangkan di Nglindur jam 13.00 WIB. Semua kader hadir, baik Sub PPKB, PPKBD, maupun koordinator PPKBD. Bidan dan PKB juga hadir memberikan penyuluhan.

     PKB kedua desa, Sabrur Rohim, SAg, MSI, secara khusus menyampaikan materi tentang evaluasi program KB, terutama tentang rencana pemberangkatan akseptor MOW/MOP untuk tindakan operasi di RS DKT, MKJP, dan rekapitulasi hasil pemutakhiran data. Hari ini semua kader PPKBD menerima blanko rekapitulasi untuk merekap hasil pemutakhiran data, dan disepakati hasilnya diberikan pekan ini, karena akhir bulan harus sudah ada kejelasan soal jumlah KK tambahan. Di Tileng, para kader sepakat mengumpulkan hasil rekapitulasi Selasa (22/8), sedangkan kader Nglindur akan mengumpulkannya Rabu (23/8/). 

      Sabrur juga menginformasikan kepada kader kedua desa ihwal program pupsmear yang insya Allah akan dilaksanakan awal September, dan sangat berharap kader bisa berpartisipasi baik menjadi peserta atau memobilisasi warga agar ikut kegiatan tersebut. Bidan pembina wilayah Tileng, Sunarti, AMd Keb, mengatakan bahwa pupsmear itu penting, sehingga para PUS diharapkan sekali agar ikut, terutama mereka yang pemakai IUD. “Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, karena tindakan medisnya dilaksanakan oleh petugas yang berkompeten. Ini kesempatan emas, karena gratis dan di Girisubo,” tegas Sunarti.
      Kader Tileng dan Nglindur menyatakan siap menyukseskan kegiatan itu, baik sebagai peserta maupun motivator bagi para PUS untuk bersedia ikut pupsmear.
      Bidan Sunarti dalam pertemuan kali ini juga membagikan vitamin A kepada kader, untuk diberikan kepada balita dalam pertemuan Posyandu. “Ingat, ya, ibu-ibu. Seperti biasa, bulan Agustus adalah bulan vitamin A. Maka dari itu, mari sukseskan bulan vitamin A dengan memberikan kapsul vitamin A ini dalam pertemuan di bulan Agustus ini. Jika ada kekurangan, segera hubungi saya atau bu koordinator kader,” ujar Sunarti.

      Para kader KB-Kesehatan menyatakan siap melaksanakan kegiatan tersebut, karena sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahun. “Semua kader sudah tahu, kok, Pak. Vitamin A ini kan penting untuk kesehatan bayi-bayi kita. Sejauh ini semua warga menanggapinya secara positif. Ini kan program pemerintah, apalagi gratis,” kata Sumarni, koordinator PPKBD Desa Tileng.(*) [Sabrur Rohim, redaktur dan kontributor Girisubo]
      

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *