Hari ini, Rabu (9/8) berlangsung monev Hatinya PKK tingkat Provinsi DIY di Gading IV, Playen, Gunungkidul, tepatnya di rumah Supeni, yang notabene merupakan dukuh setempat. Hadir sebagai tim monev adalah Tim PKK DIY, TP PKK Kecamatan, TP PKK Desa, Muspika Playen, dan PKB Playen.

      Acara diawali dengan monitoring tanaman pangan pekarangan di Gading V, dilanjut ke Gading IV. Tim disambut oleh atraksi gejok lesung warga. Kegiatan kunjungan adalah cek administrasi serta melihat kebun sayur warga, lalu diakhiri dengan pesan kesan.


      Acara pesan kesan diawali dengan menyanyikan lagu Mars PKK, Mars KB, dan Ayunda Si Menik. Dalam sambutan selamat datangnya, Kades Gading Sukirman berharap semoga monev ini selesai dengan lancar, dan Gading sebagai desa pintu gerbang masuk kota Gunungkidul semakin makmur dan sejahtera. “Perlu saya tambahkan, bahwa jumlah penduduk Gading 6110 jiwa. Gading dicanangkan sebagai desa pusat pertumbuhan ekonomi. Ada 20 home stay untuk menjaring wisatawan, sehingga itu akan menumbuhkan perekonomian masyarakat,” kata Sukirman.

      Sementara itu, Asyantini, ketua tim monev, dalam sambutannya mengatakan, bahwa Hatinya PKK sebagai program unggulan yang diadakan tiap tahun, pemenangnya akan dibawa ke tingkat pusat. “Lomba ini hanya sebagai sarana,  bukan tujuan. Yang penting, ada kesadaran warga untuk memanfaatkan pekarangn sebagai tabungan hidup, sebagai lumbung hidup,” imbuhnya.

      Asyantini juga menegaskan,  bahwa selama ini Piyaman, Paliyan, dan Mijahan yang selalu masuk juara nasional. Harapan kita, tahun ini Gading Playen yang masuk juara nasional.

      Koordinator PKB Playen, Drs Edy Pranoto,  mengatakan bahwa PKB harus bermitra dengan PKK sebagai upaya meningkatkan kapabilitas dan kapasitas untuk menyongsong PKB sebagai tenaga pusat 2018. “PKK bisa sebagai mitra untuk mewujudkan suksesnya program KKBPK, terutama mewujudkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga. Program Hatinya PKK ini bisa didukung dan bersinergi dengan kegiatan Poktan yang menjadi bidang garap PKB, misanya UPPKS, Tribina, dll,” pungkas Edy.(*)

Edy Pranoto (Kontributor Playen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *