Senin (31/7), bertempat di gedung Balai Penyuluhan KB Kecamatan Patuk Gunungkidul, diselenggara pemeriksaan pupsmear secara gratis. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara RS Darma Bantul (Jl Wonosari-Jogja), Pkk Kecamatan Patuk, dan BPKB Patuk.


Berkat koordinasi semua pihak, terutama sosialisasi yang digalakkan oleh jajaran PKB dan kader PKK Patuk, kegiatan tersebut dapat menjaring calon peserta pupsmear sebanyak 150 orang. Mereka berasal dari 11 Desa se-Kecamatan Patu, yakni: Patuk 25 orang, Putat 15 orang, Ngoro-oro 10 orang, Pengkok 10 orang, Beji 10 orang, Salam 15 orang, Nglanggeran 10 orang, Bunder 10 orang, Terbah 10 orang, Nglegi 10 orang, dan Semoyo 25 orang.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka beroperasinya laboraturium RS Darma Bantul. Harapannya, besok bagi yang akan memeriksakan pupsmear dan sejenisnya bisa langsung ke RS Darma, yang kebetulan lokasinya tidak jauh dari Patuk,” demikian dikatakan Seketeris PKK Kecamatan Patuk, Subasmi, SSos, yang juga merupakan staf Kecamatan Patuk.


Sementara itu, Koordinator PKB Patuk, Drs Anggoro, sangat gembira atas kegiatan ini. “PKB sangat terbantu dengan kegiatan ini. Karena, akseptor KB MKJP tidak merasa khawatir tentang kanker rahim setelah mengikuti pupsmear ini. Selain itu, bagi peserta pupsmear yang belum ikut KB atau KB-nya belum MKJP, kami arahkan mereka untuk menggunakan KB MKJP,” pungkas Anggoro.(*)


Asmula (kontributor Patuk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *