Senin (10/7) jam 10.00 WIB telah berlangsung penandatanganan dukungan lintas sektor di Kecamatan Playen demi suksesnya akreditasi Puskesmas Playen I. Dukungan ini memang sangat diperlukan untuk persiapan akreditasi yang akan dilaksanakan besok  pada tangal 25-27 Juli 2017 ini.             

                                

Kegiatan akreditasi akan dilaksanakan oleh Kemenkes Pusat. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas pegawai dan pelayanan publik terhadap masyarakat.
Hadir dalam acara tersebut Muspika, antara lain Subadi, SE mewakili Camat, Kapten Infantri Indro Setyo B sebagai Danramil, dr Jolanda Barahama sebagai Kepala UPT Puskesmas Playen I, Kapolsek Playen AKP Wahyono Heru S, SH, semua Kades se Kecamatan Playen, Kepala UPT TK/SD dan Ketua TP PKK Kecamatan, Dra Widyastuti, MM.                       
Acara dimulai dengan pembukaan oleh Camat, dilanjutkan paparan Kepala UPT Puskesmas, dilanjutkan sambutan dan tanggapan oleh Kapolsek dan Danramil, serta Koord PKB. Terakhir adalah penandatanganan naskah dukungan lintas sektor demi kesuksesan Akreditasi Puskesmas Playen I.                  
Camat Playen dalam sambutannya yang diwakili Subadi, SE, menyatakan bahwa sinergitas lintas sektor diperlukan untuk mencapai kesuksesan akreditasi Puskesmas Playen I. Sedangkan Kepala UPT Puskesmas Playen I dalam sambutannya menyampaikan, agar siapa saja jangan segan-segan utk minta tolong terkait dengan hal-hal yang perlu ditangani demi kemajuan Puskesmas serta peningkatan pelayanan kepada masyrakat. Disampaikan juga bahwa untuk mencapai sukses kita harus bertumpu pada semangat, “satu untuk semua dan semua untuk satu,” artinya bahwa kesuksesan untuk semua karyawan dan masyarkat dan semua karyawan harus saling bantu untuk setiap karyawan yang lain.
Kapolsek Playen, AKP Wahyono Heru S, SH, dalam sambutannya menitikberatkan pada soal kamtibmas. Beliau menyarankan secara khusus agar Puskesmas menyiapkan tukang parkir sendiri demi keamanan sehari-hari di lingkungan UPT Puskesmas Playen I. “Aspek keamanan juga sangat penting demi menunjang suksesnya pelayanan publik,” kata Kapolsek.                       

Sementara itu, Koordinator PKB Kecamatan Playen, Drs Edi Pranoto menyoroti aspek KIA (kesehatan ibu dan anak) dan Promkes untuk mewujudkan usaha kesehatan masyrakat yang sangat strategis. “Oleh karena itu, harapannya penyuluh KB dan UPT Puskesmas bisa saling bekerjasama dalam membentuk ketahanan keluarga, baik untuk mengatasi masalah-masalah yang berkenaan dengan balita, remaja, dan lansia,” pungkasnya.     
                  

     Edi Pranoto (Kontributor Playen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *