Sutono sebagai motivator KB Pria Nasional, saat menerima 
penghargaan dari Paku Alam X di Upacara Harganas DIY 2017
Pagi itu, Senin (12/6), di Balai Deda Kemadang kecamatan Tanjungsari, sudah terlihat kesibukan yang luar biasa dari warga. Kelihatan bahwa akan ada acara penting atau kedatangan tamu penting. Segenap warga menyiapkan segalanya dengan sepenuh hati, sangat kelihatan kegotong royongan masih dijunjung tinggi. Ada sebagian warga yang sibuk seting tempat, menata posisi kursi, merapikan spanduk agar agar kelihatan rapi. Ada sebagian lagi, yang rata-rata ibu-ibu, semangat melakukan latihan koor “Mars Keluarga Berencana” dan lagu lainnya, agar pada saat tampil, menghasilkan tampilan yang maksimal.
Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos didampingi 
Kepala DP3KBPMD, Sujoko, SSos, MSi, saat berbincang-bincang
dengan H Sutono dan istri

Sudah sewajarnya para warga mempersiapkan segalanya dengan sungguh-sungguh, karena hari itu desa Kemadang akan kedatangan tamu Tim Verifikasi Motivator KB Pria Teladan tingkat Nasional dari BKKBN Pusat. Kedatangan Tim Verifikasi Motivator KB Pria dari BKKBN Pusat tersebut, bertujuan akan melihat kegiatan dari H Sutono, Motivator KB Pria dari Kecamatan Tanjungsari, yang merupakan juara Regional II tingkat Nasional.
Tepat jam 09.00 WIB, rombongan Tim Verifikasi Motivator KB Pria yang didampingi Kepala Perwakilan BKKBN DIY yang pada saat itu diwakili Dra Rodhiana S, MSi, tiba di Balai Desa Kemadang dan disambut langsung oleh bupati Gunungkidul Hj Badingah, SSos. Pada acara tersebut juga hadir Kepala DP3AKBPMD, Sujoko, SSos, MSi, Camat Tanjungsari, Drs Sukis Heriyanto, MSi, dan segenap kepala dinas instansi yang ada di lingkungan Kecamatan Tanjungsari.


Acara dimulai dengan sambutan selamat datang, yang disampaikan oleh bupati Gunungkidul Hj Badingah, SSos. Pada sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terimasih kepada Tim Verifikasi Motivator KB Pria atas kedatangannya, pada sambutannya bupati juga menyampaikan salut kepada H Sutono yang telah berhasil menjadi juara I Motivator KB Pria untuk regional II, semoga hasil kegiatan Verifikasi Motivator KB Pria hari ini, dapat mengangkat H Sutono menjadi Motivator KB Pria Teladan tingka Nasinal.
Kemudian tiba saatnya H Sutono menyampaikan paparan kegiatannya sebagai Motivator KB Pria di lingkungan kecamatan Tanjungsari. Disampaikan H Sutono, setelah dirinya mengikuti Kotrasepsi Mantap MOP pada 2010, sebagai motivator di berhasil mengajak para PUS yang tidak menginginkan anak lagi untuk mengikuti MOP. Sampai tahun 2016, beliau berhasil mengajak 35 pria mengikuti MOP. Yang menarik dari paparan H Sutono, dalam melakukan KIE MOP, dengan menggunakan media tradisional yaitu melalui “Macapat”, yang syairnya mengajar untuk mengikuti MOP dengan terbentuk Keluarga Sejahtera. Pada saat mepraktikkan Macapat segenap tamu tertegun kagum. Selain Macapat, H Sutono juga menggubah lagi “Prahu Layar”, yang syairnya diubah menjadi KIE MOP.


Pada acara verifikasi Motivator KB Pria saat itu juga ada sesi wawancara kepada H Sutono. Banyak pertanyaan yang diajukan oleh Tim Verifikasi berkaitan dengan dengan kegiatan yang telah dilakukan termasuk pembuatan administrasi kegiatannya. Alhamdulillah, semua pertanyaan dapat dijawab dengan baik oleh H Sutono yang membuat Tim Verifikasi puas.
Tepat jam 12.00 WIB, acara Verifikasi Motivator KB Pria berkahir, dan ditutup dengan kesan dan pesan dari perwakilan Tim Verifikasi Motivator KB Pria. Hanya satu pesan dan kesan yang disampaikan, yaitu bahwa hasilnya memuaskan dan sangat bagus, sehingga memang tepat dan pas jika H Sutono meraih nominasi sebagai motivator KB Pria nasional. Selamat dan sukses, ya, Pak Sutono? (*)

PKB Tanjungsari yang selalu semangat 
dan gembira menyukseskan program KKBPK

Kontributor: Sihana Yuliarta (Tanjungsari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *